Abstract

abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan realistik bermuatan pendidikan karakter. Mengembangkan berarti  membuat perangkat pembelajaran   yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan   dengan   menggunakan   model   Plomp.   Validasi   perangkat   dilakukan dengan meminta pertimbangan para ahli (validator), pengujian kepraktisan perangkat dilakukan dengan menganalisis data respon siswa dan data kemampuan guru mengelola pembelajaran,  sedangkan  pengujian  keefektifan  dilakukan  dengan  uji  perbedaan  rata- rata  literasi  matematika  dan  uji  ketuntasan  serta  uji  pengaruh  motivasi  dan  aktivitas siswa terhadap literasi matematika.  Teknik pengumpulan  data dengan tes, dokumentasi, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini rata-rata nilai validator untuk silabus, Rencana Program Pembelajaran  (RPP), buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Literasi Matematika  berturut-turut  adalah  3,48;  3,37; 3,30; 3,35, dan 3,42; sehingga  perangkat pembelajaran tergolong valid. Rata-rata skor respon siswa dan kegiatan guru berturut-turut adalah  3,38 dan 3,5 yang mengindikasikan  bahwa  perangkat  pembelajaran  ini praktis. Rata-rata  literasi  matematika  siswa  yang  belajar  menggunakan     pendekatan  realistik

76,30 lebih baik daripada rata-rata literasi matematika  siswa yang belajar menggunakan metode konvensional  66,70, Keaktifan  dan motivasi siswa secara bersama  memberikan pengaruh sebesar 96,5% terhadap literasi matematika siswa. Dengan demikian perangkat pembelajaran  dengan pendekatan  realistik bermuatan  pendidikan  karakter adalah valid, praktis, dan efektif.

Abstract

This research aims to develop a realistic approach to learning devices charged.This research is development by using models Plomp. Validation of the device is done by appealing to the exper, testing the practicality of the device is done by analyzing the response data of students and teachers the ability to manage the learning of  data, while testing the effectiveness of  a test performed using the average difference and regression testing to determine the effect of  students’ motivation towards literacy and math activities. The results of this study showed that the average value of the validator to the syllabus

, Learning Programme Plan, student books, Student Worksheet, and the Literacy Test Mathematic row is 3,48, 3,37, 3,30, 3,35, and 3,42, thus classified as a valid, seen from the average of the students’ responses and teachers activity, respectively, 3.38 and 3.5 which indicates that the device is a practical learning.  Average  mathematics  literacy  students  are learning  to use a realistic  approach  charged

76.30 better than average mathematical literacy of  students who learn using conventional  methods

66.70, Motivation and motivated students with an impact of 96.5 % of the mathematical literacy of students. the realistic approach to learning with educational is valid, practical, and effective.