Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis dan pembelajaran yang efektif. Model pengembangan pembelajaran mengacu pada model Plomp. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid; silabus adalah 4,10 (sangat baik); RPP adalah 4,12 (sangat baik); LKS adalah 4,06 (sangat baik); buku siswa adalah 4,18 (sangat baik); dan TKPM adalah 4,08 (sangat baik); (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis, yaitu: a) kemampuan guru mengelola kelas rata-ratanya 4,40 (baik); dan b) respon siswa positif dengan rata- rata 85,21%; (3) pembelajaran matematika dinyatakan efektif yaitu: a) KPM siswa secara individu minimal mencapai kriteria 73, serta  proporsi siswa mendapatkan nilai minimal KPM sama dengan 73 melebihi 75%; b) adanya pengaruh positif disposisi matematis dan keterampilan pemecahan masalah terhadap KPM sebesar

93,3% ; c) berdasarkan uji banding KPM kelas IDEAL Problem Solving lebih baik dari pada kelas ekspositori; dan d) adanya peningkatan KPM, sebesar 0,6 (sedang). Hasil penelitian perangkat pembelajaran dengan IDEAL Problem Solving bermuatan disposisi matematis telah valid  dan terbukti praktis dan efektif dapat digunakan guru sebagai alternatif dalam proses pembelajaran.

Abstract

The purpose of this study was to produce a valid mathematics learning equipment, practical, and  to  determine  the  effectiveness  of  learning. The  research  that  used  is  instructional development model which refers to a Plomp’s model. The result of  learning equipment development as follows: (1) learning equipment developed is valid: syllabus 4,10 (very good); RPP 4,12 (very good); LKS 4,06 (very good); student books 4,18 (very good); and TKPM 4,08 (very good); (2) learning tool use specified practice: a) ability to manage classroom teacher is an average 4,40 (very good), b) the positive student response to learning has an average 85,21%; (3) learning mathematics effective: a) the proportion of students who learn a minimum value KPM equal by 73 by 75%; b) the existence of a positive influence of disposition mathematics and skills of  the problem solving ability as large as 93,3%; c) class that learn use IDEAL Problem solving method better than expoxitory; and d) an increasing in the KPM formation proccess of  experimental class. The results of  learning devices IDEAL Problem solving contained disposition mathematics  have a valid and proven practical and effective teachers can be used as an alternative in the learning process.