METODE DISKUSI BUZZ GROUP DENGAN ANALISIS GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Anis Sulistyani Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Sugianto Sugianto Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Mosik Mosik Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang
Keywords: buzz grup method, interest, learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan minat dan hasil belajar siswa menggunakan metode diskusi buzz group dengan analisis gambar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas kelas VII SMP N 24 Semarang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan metode diskusi buzz group dengan analisis gambar dan VII C sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan metode ceramah tanya jawab. Dengan uji gain minat belajar siswa pada kelas eksperimen meningkat 0,35 kategori sedang dan pada kelas kontrol meningkat sebesar 0,29 kategori rendah. Sedangkan peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen meningkat sebesar 0,41 kategori sedang dan pada kelas kontrol meningkat sebesar 0,39 kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan minat dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode diskusi buzz group dengan analisis gambar lebih besar daripada siswa yang diajar dengan metode ceramah tanya jawab.


This research aims to determine interest and student learning outcomes using buzz group discussion method with image analysis. The population in this study were all students off class VII SMP N 24 Semarang. Samplig was de by purposive sampling that is class VII A as a class experiment treated with buzz grup discussion method with image analysis and VII C as the control class who receive treament with the lecture method debriefing. With the gain test students interest in the experimental class medium category increased 0,35 and the control class increased 0,29 lower category. While improving learning outcome at 0,41 experimental class increases medium category and the control class increased by 0,39 medium category. It can be concluded that and increase in interest and learning outcome of student who are taught using buzz discussion grup with higher image analysis rather than student taught by lecture method debriefing.

References

Arikunto, S. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiman, A. 2015. Penerapan Metode Buzz Group Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 1 Batipuh Tanah Datar. Skripsi. Sumatera Barat: FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hake, R.R. 2004. Design-Based Research: A Primer for Physics Education Researchers, submitted to the American Journal of Physics on 10 June 2004. Online di http://www.physics.indiana.edu/~hake/DBR-AJP-6.pdf [diakses 30-4--2015]

Nur’aini & Sri W. 2012. Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Buzz Group Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gondangrejo Karanganyar. Tesis. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Rochmani, S. 2011. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Mandarin Siswa Kelas V Di SD Tripusaka Surakarta. Laporan Akhir. Surakarta : Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sari, N. M. P. & Suparsa, I. N. 2011. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Metode Diskusi Jenis Buzz Group Pada Siswa Kelas VIII A SMP Dwijendra Gianyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan, 3(2):153-154. Tersedia http://ojs.unmas.ac.id/index.php/JSP/article/view/17/15 (diakses 3-2-2015).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Wasti, S. 2013. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah 2 Padang. Skripsi. Padang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Published
2016-09-19
Section
Articles