KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DILENGKAPI PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

  • H. D. Astuti Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang
  • S. Linuwih Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang
  • P. Marwoto Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang
Keywords: Critical thinking, guided inkuiri, assessment portfolio

Abstract

Berbagai model pembelajaran dikembangkan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa sehingga mampu bersaing manghadapi tantangan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi penilaian portofolio untuk meningkatkan berpikir kritis siswa SMA. Metode penelitian ini adalah penelitian quasi experiment, dengan desain control group pre test post tes design. Kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata berpikir kritis siswa kelas eksperimen adalah 85,67 dan kelas kontrol adalah 75,84. Berdasarkan hasil analisis uji gain, peningkatan berpikir kritis siswa kelas eksperimen menunjukkan kriteria peningkatan yang tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi penilaian portofolio efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa.

 

Many types of learning are developed for practising critical thinking knowledge of students to make them can face world challenge. This study was conducted to know the effectiveness of guided inkuiri  learning which was completed with portfolio assessment to increase critical thinking of Senior High School students. The research method that is used in this study is quasy-experimental research, which has control group pre test and post test design.  There are two classess in this study, that are X4 class as experiment class and X5 class as control class. This study result shows the average of students’ critical thinking in experiment class is 85,67 and control class is 75,84. Based gain analise, it shows there is an increasing of students’ critical thinking in experiment class high criteria. From this result, it is concluded that inkuiri terbimbing learning that is completed with portfolio assessment is effective to increase students’ critical thinking.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Chodijah, S. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunkan Model Inkuiri terbimbing dilengkapi penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1(2012) 1-19.

Douglas E.P, Chiu, C.C. 2009. Use of guided inquiry as an active learning technique in engineering. Proceedings of the Research in Engineering Education Symposium. University of Florida.

Ennis, R. H.. 1985. Goals for a Critical Thinking Cur¬riculum. Dalam A. L. Costa (Ed), Developing Minds. Virginia: Association for supervision and Curiculum Development.

Fatimah, S. 2012. Pengaruh pembelajaran Diskusi Berbasis Lesson Study dengan asessment portofolio terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri Arjasa Jember. Skripsi Pendidikan Biologi. Jember: Universitas Jember.

Hastuti, T.W. 2014. Kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Pada Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum. Naskah Publikasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kitot,et al. 2010. The Effectiviness of Inkuiri Teaching in Enhancing Students’ Critical Thinking. University Kebangsaan Malaysia. International Conference on Learner Diversity 2010.

Khazanah, B.N. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle dengan Konten Integrasi Interkoneksi Pada Materi Suhu dan Kalor terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kuhlthau, C.C. 2007. Inkuiri terbimbing: Learning in the 21st Century. Rutgers University. Paper. Center for International Scholarship in School Libraries (CISSL).

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Rifa’i, S. Purwanto, & D. Purnomo. 2009. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Sadeh,I & Zion, M. 2009. The Development of Dynamic Inkuiri Performances within an Open Inkuiri Setting: A Comparison to Inkuiri terbimbing Setting. Journal Of Research In Science Teaching Vol. 46, No. 10, Pp. 1137–1160.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media.

Triyani, D.N. 2014. Analisi Penilaian Portofolio Dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Kimia. Skripsi: Universitas Syarif Hidayatullah.

Widodo. 2008. Asessmen Portofolio. Makalah sederhana didownload pada 15 Januari 2015.

Yulianti, D. & Wiyanto. 2009. Perencanaan Pembelajaran Inovatif. Semarang: UNNES.

Published
2016-09-19
Section
Articles