VALIDASI RUBRIK SEBAGAI PEDOMAN UNTUK MENILAI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA BERBASIS INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN TES URAIAN

  • Anis Dwi Masinta Jurusan Pendidikan Fisika MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia

Abstract

Penelitian tentang validasi suatu rubrik penilaian bertujuan untuk membuktikan keakuratan suatu rubrik yang digunakan dalam mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa SMA berbasis inkuiri tentang materi fisika. Subjek penelitian dari SMA kelas XII dengan jumlah 21 orang siswa. Data diambil dengan memberikan soal tes uraian kepada siswa untuk membuktikan keakuratan rubrik penilaian. Berdasarkan hasil analisisnya dari 61,43% kategori kurang, 22,38% kategori baik dan 16,19% kategori baik sekali. Hasil tersebut menunjukkan bahwa rubrik yang digunakan tidak memiliki kevalidan atau keakuratan untuk menilai. Penelitian menunjukkan bahwa minimnya nilai yang diperoleh siswa bukan karena kesalahan soal ataupun pendekatan kemampuan masalah siswa, melainkan rubrik yang digunakan untuk menilai kurang valid. Dengan demikian, perlu adanya validasi rubrik sebagai alat untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa SMA. Peningkatan hasil belajar siswa juga berpengaruh dari motivasi siswa dalam belajar. DenganĀ  sikap dan pendekatan pemecahan masalah siswa dalam fisika dapatĀ  meningkatkan minat dan pemahaman belajar siswa (Mason & Singh, 2010).

Published
2017-03-20
Section
Articles