PERANAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DESAIN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SISWA SMA

  • Nurmala Safitri Oktaviani Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Yosaphat Sumardi Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui peranan perangkat pembelajaran fisika berbasis desain untuk siswa SMA. Pembelajaran fisika merupakan bagian dari kurikulum 2013 yang diharapkan mampu mengembangkan potensi siswa sehingga siswa memiliki kecerdasan dalam berpikir dan keterampilan sebagai bekal siswa untuk hidup dalam bermasyarakat. Pembelajaran fisika pada kurikulum 2013 dapat diterapkan dengan pembelajaran berbasis desain sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa sebagai pelaku utama dalam proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran berbasis desain dapat terlaksana dengan baik apabila rangkaian kegiatan pembelajaran telah dipersiapkan dan disusun dengan baik dalam bentuk perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran fisika yang dapat digunakan untuk membantu terlaksananya proses pembelajaran berbasis desain antara lain berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), handout, dan Tes Hasil Belajar (THB). Penerapan perangkat pembelajaran berbasis desain diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa.

Published
2017-03-27
Section
Articles