LKS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Wanda Hesti Kurnia Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sugianto Sugianto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Putut Marwoto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKS berbasis multiple intelligences dalam pembelajaran IPA fisika di Sekolah Menengah Pertama (SMP), menguji tingkat kelayakan dan keterbacaannya, mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa SMP setelah menggunakan LKS. Dalam penelitian digunakan  metode Research & Development. Penelitian dilakukan dengan desain uji coba One Group Pre-test and Post-test dan dengan subyek penelitian siswa kelas VIIIG SMP Negeri 2 Ambarawa tahun ajaran 2015/2016. Hasil uji kelayakan  menunjukkan bahwa LKS berbasis multiple intelligences yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat layak†digunakan sebagai pedoman belajar siswa. Hasil uji keterbacaan menunjukkan LKS  yang dikembangkan  dalam kategori “mudah dipahami†oleh siswa. Hasil ujicoba menunjukkan  bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar dalam kategori “sedangâ€. Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan LKS berbasis multiple intelligences dalam pembelajaran.

Published
2017-07-25
Section
Articles