PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN INTERPERSONAL SISWA SMA

  • Dian Ayu Antika Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sarwi Sarwi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Mahardika Prasetya Aji Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pembelajaran guided inquiry berbantuan lembar kerja siswa telah dilaksanakan untuk menentukan peningkatan penguasaan konsep dan deskripsi perkembangan keterampilan interpersonal siswa SMA. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah desain quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group. Populasinya adalah siswa kelas X pada salah satu SMA Negeri di Semarang. Sampel yang terpilih menggunakan teknik purposive sampling adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas diberi treatment yang berbeda, yaitu kelas eksperimen diajar dengan model guided inquiry berbantuan lembar kerja siswa dan kelas kontrol diajar dengan model discovery. Berdasarkan  uji gain pretest-posttest menunjukkan adanya peningkatan rata-rata penguasaan konsep pada kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol  sebesar 0,70 dengan kategori tinggi. Ketuntasan kelas eksperimen sebesar 71,43% dan kelas kontrol sebesar  58,33%. Hasil uji t pihak kanan menunjukkan bahwa thitung 1,97 > ttabel 1,67 pada taraf signifikasi 5%, artinya penguasaan konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji gain peningkatan keterampilan interpersonal pada kelas eksperimen menunjukan nilai gain 0,39 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontol menunjukan nilai gain 0,19 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran guided inquiry berbantuan lembar kerja siswa dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan interpersonal siswa SMA.

Published
2017-07-25
Section
Articles