PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 GEYER MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PROYEK

  • Yunita Dwi Febriastuti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Suharto Linuwih Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Hartono - Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: students self-learning, project based learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis proyek. Penelitian menggunakan model eksperimen dengan desain control pre-post group dengan purposive sampling. Penelitian mengambil empat kelas yaitu dua kelas sebagai kelas eksperimen dan dua kelas sebagai kelas kontrol. Pada analisis data penelitian terbagi menjadi dua yaitu analisis data sebelum dan sesudah penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan gain kelas eksperimen sebesar 0,44 dan peningkatan gain kelas kontrol sebesar 0,19. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri berbasis proyek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa.

 

The aims of this research are to know increase students’ self-learning to the application of project based learning. Studies using experimental models with pre-post design control group with purposive sampling. This study conducted in fou classes, two classes as the experimental class and another two as the class control. In the analysis of research data is divided into two data analysis before and after the research. From the research results obtained by increasing the gain of 0.44 experimental class and increase control class gain of 0.19. So it can be concluded that project based learning has a significant influence on the increasing students’ self-learning.

References

Am Rizal R, Isa. 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII Pada Materi Pokok Aritmatika Sosial Tahun Pelajaran 2010/2011. (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Bas & Beyhan. 2010. Effects of multiple intelligences supported project-based learning on students achievement levels and attitudes towards English lesson. International Electronic Journal of Elementary Education, 2(3).

Basri, H. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Dunia Pustaka.

Lawson, A.E. 1995. Science Teaching and The Development of Thinking. California: Wadsworth Publishing Company.

Tirtarahardja, U. & Sulo, L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sulistianingrum, F. 2010. Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Materi Pokok Kubus dan Balok Peserta Didik Kelas VIII SMP N 2 Ungaran. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Yulianti, D. & Wiyanto. 2009. Perencanaan Pembelajaran Inovatif. Semarang: UNNES.

Section
Articles