Implementasi Teams Games Tournament Berbasis Percobaan Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik

  • Purwati - Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Pratiwi Dwijananti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Mosik - Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: Ability to think creatively, Physics experiments, TGT

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat keefektifan model pembelajaran TGT berbasis percobaan fisika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif serta pencapaian ketuntansan hasil belajar aspek kognitif siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain only one post test design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian berupa kemampuan berpikir kreatif siswa diambil dengan teknik tes yang berupa tes uraian.  Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa dengan implementasi model pembelajaran TGT berbasis percobaan fisika aspek  kognitif dan kemampuan berpikir kreatif siswa tuntas secara individual dan klasikal. Uji proporsi ketuntasan hasil belajar dan uji kesamaan dua rata-rata diketahui bahwa model pembelajaran TGT berbasis percobaan fisika lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan pencapaian hasil belajar dibandingkan kelas kontrol. Aspek psikomotorik siswa memiliki kategori sangat aktif, dan afektif siswa memiliki kategori baik. Berdasarkan uji proporsi ketuntasan aspek psikomotorik diperoleh bahwa model pembelajaran TGT berbasis percobaan fisika lebh efektif untuk mencapai ketuntasan belajar aspek psikomotorik.

This study examines the effectiveness of the learning model based TGT physics experiment to develop creative thinking skills and achievement of learning outcomes ketuntansan cognitive aspects of students. Type of research is experimental research design using only one post test design. Sampling using simple random sampling. The research data in the form of students' creative thinking ability test taken with techniques such as test descriptions. The results and analysis of the data showed that the implementation of the teaching model based on experimental physics TGT cognitive aspects of students' ability to think creatively and individually finished and classical. Proportion test mastery of learning outcomes and test the similarity of the two is known that the average TGT-based learning model physics experiment to develop more effective creative thinking skills and learning achievement than the control class. Psychomotor aspects of the students had very active category, and affective student have good category. Based on the proportion of trials found that psychomotor aspects of mastery learning model based TGT physics experiments rely more effective to achieve mastery learning psychomotor aspects.

References

Anni, C.T. 2005. Psikologi pendidikan. Semarang: UPT MKK Unnes.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi revisi 6 Jakarta : Rineka Cipta.

Fachrurrozie.2009. Teams Games Tournament Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mahapeserta didik peserta didik Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNNES, Vol 4 No.1 Juli.

Fauziah, N. Y. Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam .No.2, Agustus 2011. ISSN 1412- 565X

Grabowski. B. dak Fengfeng. Gameplaying for maths learning: cooperative or not?. British Journal of Educational Technology Vol 38 No 2 2007 249 259

Munandar, U. (1999).Mengembangkan Bakat dab Kreatifitas Anak Sekolah (Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua). Jakarta: Rineka Cipta)

Rohendi,Dedi, dkk. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK). Vol. 3 No.1 / Juni 2010.

Setiowati, T. R. 2009. Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Kegiatan Laboratorium Untuk Meningkatkan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMA. Semarang. Skripsi : Universitas Negeri Semarang.

Siswono, Tatag Y. E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal terakreditasi Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun X, No. 1, Juni 2005. ISSN 1410-1866, hal 1-9.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Wyk. V. M. The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. Journal Soc Sci, 26(3): 183-193 (2011)

Section
Articles