PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NHT DENGAN PENDEKATAN SETS PADA MATERI CAHAYA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA

  • H. Kartikasasmi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • S. Khanafiyah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • - Sutikno Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: NHT, SETS, light, creativity .

Abstract

The aim of this research was to find out the development of student creativities after   the   NHT learning model applied using SETS approach. The method used in this research was class action research. This research was done in SMP Negeri 3 Pemalang. The subjects of this research are 38 students of class VIII E in the academic year 2011/2012. Data obtained through the questionnaire students creativity. Students cognitive learning outcomes data obtained through evaluation tests in the form of multiple choice questions and a description. Psychomotor learning results obtained through observation sheet. The development of creativity and learning achievement  done by gain test analysis. Based on these results it can be concluded that the application of  learning NHT with SETS approach model can develop creativity and learning achievement.

References

Aryani, F. 2008. Kreativitas dalam

pembelajaran. Didaktika Jurnal Kependidikan,

(2): 207-215

Binadja, A. 2002. Pemikiran dalam

SETS. Semarang: FMIPA Unnes

Diana, R.R. 2006. Setiap anak

cerdas!setiap anak kreatif! menghidupkan

keberbakatan dan kreativitas anak. Jurnal

Psikologi Universitas Diponegoro, 3(2): 123-131

Dwi, A.W. 2009. Pembelajaran biologi

yang berbasis imtaq dengan pendekatan

integratif (science, environment, society,

technology and religion). Prospect, 5(8): 55-62

Frank, M. & A. Barzilai. 2006. Project-based technology: instructional strategy for

developing technological literacy. Journal of

Technology Education, 18(1): 39-53

Hamdani. 2011. Strategi belajar

mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Irianti, M., Zulirfan, & A. Zaini. 2007.

Pembelajaran sains fisika melalui pendekatan

SETS (science, environment, technology,

society) pada siswa kelas VIII MTs Nurul Falah

Air Molek. Jurnal Geliga Sains, 1(2): 1-7

Kusumojanto, D.D. & P. Herawati. 2009.

Penerapan pembelajaran kooperatif model

Numbered Head Together (NHT) untuk

meningkatkan hasil belajar siswa pada mata

diklat manajemen perkantoran kelas X APK di

SMK Ardjuna 01 Malang. Jurnal Penelitian

Kependidikan, 19(1): 91-108

Mandal, Rita Rani. 2009. Cooperative

learning strategies to enhance writing skill. The

Modern Journal of Applied Linguistics, 2(1):94-102

Mariati. 2006. Pengembangan kreativitas

siswa melalui pertanyaan divergen pada mata

pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan, 12(63): 759-773

Mulyasa. 2007. Kurikulum tingkat satuan

pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Munandar, U. 2009. Pengembangan

kreativitas anak berbakat. Jakarta: PT Rineka

Cipta

Mustafa., Baharuddin & Yusnani. 2011.

Penerapan pembelajaran kooperatif model

Numbered Head Together (NHT) untuk

meningkatkan keaktifan dan penguasaan konsep

matematika. Jurnal PTK DBE3, 3(1): 7-14

Nuswowati, M., A. Binadja, Soeprodjo &

K.E.N. Ifada. 2010. Pengaruh validitas dan

reliabilitas butir soal ulangan akhir semester

bidang studi kimia terhadap pencapaian

Section
Articles