Implementasi Model Pelatihan Pembelajaran IPA Berbasis DIGITAL IMAGE CREATOR FOR OPTICAL MICROSCOPE (DIGICOM) Pada Guru Fisika Kabupaten Demak

  • Bambang Subali Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Ian Yulianti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Susilo Susilo Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Ellianawati Ellianawati Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Mosik Mosik Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Alvian Alvian Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain pelatihan pembelajaran IPA berbasis DIGICOM serta mengukur tingkat pemahaman guru fisika Kab. Demak setelah mengikuti pelatihan penggunaan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan subyek penelitian guru fisika Kabupaten Demak sejumlah 16 orang. Instrumen pengambilan data berupa angket dan obervasi pelaksanaan pelatihan. Hasil penelitian ini adalah 1) telah dihasilkan desain materi pelatihan pembelajaran IPA berbasis mikroskop digital, 2) Sebanyak 94 % peserta pelatihan pembelajaran IPA berbasis DIGICOM mampu memahami materi pelatihan dengan baik. Sedangkan sebanyak 6 % belum mampu memahami materi pelatihan sebab media yang digunakan adalah kamera DLSR sehingga membutuhkan pelatihan dan pendampingan lebih lanjut. Simpulan dari penelitian ini adalah pelatihan pembelajaran IPA berbasis DIGICOM mampu dipahami dengan baik oleh guru fisika Kabupaten Demak.

 

The research aimed to design a workshop for science learning process using DIGICOM as well as to determine participant’s understanding about DIGICOM after following the workshop.  Participants were teachers of physics subject in Demak, Central Java.  The research method is qualitative method by using questionnaire and observation during the workshop.  The results of the research are 1) design of material for workshop on learning process using digital microscope, 2) 94% of the workshop participant comprehend the material well.  Meanwhile, 6% of the participants could not understand the material clearly so that more intensive workshop is required.  As conclusion, the workshop for  science learning process using DIGICOM could be followed and understood well by Physic teachers in Demak.

Published
2018-12-13
Section
Articles