PENGEMBANGAN KOMIK BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN KEBENCANAAN ALAM TAHUN 2012/ 2013

  • Riris Syafitri Widyaningtyas Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Ani Rusilowati Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Mosik - Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: development of comic, visionary SETS learning, learning outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan komik sains bervisi SETS, menentukan kelayakan, keterbacaan, kepraktisan dan  keefektifan komik sains bervisi SETS dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV materi Sumber Daya Alam dan Kebencanaan Alam. Penelitian pengembangan ini, uji coba produk menggunakan pretest-postest control group design yaitu membandingkan kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan komik sains bervisi SETS dengan kelompok kontrol yang pembelajarannya tanpa komik. Cara mengembangkan komik yaitu membuat story board yang dilanjutkan membuat sketsa dan desain, hingga tahap terakhir adalah construct dan pengemasan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji normalitas, uji kesamaan dua varian, uji banding dan uji gain. Hasil uji ahli terhadap  kelayakan komik berada pada kategori “baikâ€. Uji skala terbatas menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan komik pada kategori â€tinggi†dengan skor 84%. Kepraktisan komik berada pada kategori “baik†dengan skor 3,35. Untuk keefektifan pembelajaran komik sains bervisi SETS, hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik kelas eksperimen mengalami peningkatan 0,32, sedangkan ranah afektif mengalami peningkatan sebesar 0,31. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pengembangan komik sains bervisi SETS terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV materi Sumber Daya Alam dan Kebencanaan Alam.

 

This study aims to determine how to develop a science comic vision SETS , determine feasibility , readability , practicality and effectiveness SETS comic vision science in improving student learning outcomes grade IV material of Natural Resources and Natural Disaster . The development research , product testing using a pretest - posttest control group design that compared the experimental group learning using SETS comic vision science with the control group learning without the comic . How to develop a comic that made ​​a story board which continued to sketch and design , until the last stage is a construct and packaging . Analysis using descriptive percentages , normality test, the similarity of two variants , comparative tests and trials gain . The test results of the feasibility comics expert in the category " good " . Limited scale test showed that the level of legibility comics in the category of " high " with a score of 84 % . Practicality comics are in the category of " good " with a score of 3.35 . To study the effectiveness SETS comic vision science , cognitive learning outcomes and psychomotor experimental class increased 0.32 , while the affective domain, an increase of 0.31 . From the analysis it can be concluded that learning with the development of science comics visionary SETS proven effective for improving student learning outcomes grade IV material of Natural Resources and Natural Disaster.

References

Anni, C.T dan Acmad R. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Azwar, S. 2007. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Binadja, A. 1999. Pendekatan SETS (Science Environment Technology and Society) Penerapannya pada Pengajaran. Makalah ini disajikan dalam Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan SETS (Science, Environment, Technology and Society) Untuk Bidang Sains dan Non Sains, Universitas Negeri Semarang, Semarang 14-15 Desenber 1999.

Hake, R.R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal Physics, 66 (1):64-74.

Ibrahim dan Syaodih. 2003. Perancanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Muhibbin S. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. In J. vam den Akker,R Branch,K Gustafson, N Nieveen and Tj.Plomp (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training (hlm. 125-136). Dodrecht: Kluwer Academic Publisher.

Olaniyi, S. 2007. The Use of Educational Cartoons and Comics in Enhancing Creativity in Primary School Pupils in Ile-ife, Osun State, Nigeria. Journal of Applied Science Research, 3(10): 913-920.

Prasetyo dan Mujiyah, 1992. Peranan Media Komik Instruksional dalam Pemahaman Materi Buku Paket Sekolah Dasar Kalurahan Panembahan, Kraton

Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: FIP IKIP YOGYAKARTA.

Semiawan, C. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Slavin, R.E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Yara, P.O. 2009. Relationship between Teachers’ Attitude and Students’ Academic Achievement in Mathematics in Some Selected Senior Secondary Schools in Southwstern Nigeria. European Journal of Social Sciences. 11 (3): 336-341.

Section
Articles