IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PHYSICS-EDUTAINMENT DENGAN BANTUAN MEDIA CROCODILE PHYSICS PADA MATA PELAJARAN FISIKA

  • R Budi S Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Sukiswo Supeni Edie Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • M. Sukisno Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: Implementation, Physics-Edutainment, Crocodile Physics

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Physics-Edutainment dengan bantuan media  Crocodile Physics dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-1 sampai dengan kelas X-4. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik random sampling. Pada pelaksanaan pembelajaran, kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan menerapkan pembelajaran dengan model Physics-Edutainment dipandu dengan media Crocodile Physics dimana dalam penyampaian materi dan kegiatan sebelum praktikum, guru menampilkan media simulasi dan siswa memperhatikan. Kelas kontrol mendapat perlakuan dengan menerapkan pembelajaran dengan model Physics-Edutainment dengan ceramah. Desain penelitian yang digunakan berupa pretest – posttest control group design. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Berdasarkan hasil uji gain diperoleh data kelas eksperimen mendapatkan peningkatan sebesar <g> = 0,67 dan kelas kontrol mendapatkan <g> = 0,56 yang kedua kelas tersebut tergolong dalam kriteria peningkatan sedang. Uji ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kelompok eksperimen sebesar 85 % dan kelompok kontrol sebesar 68 %. Hasil belajar psikomotorik dinilai pada pelaksanaan praktikum. Hasil belajar psikomotorik rata-rata kelas eksperiman sebesar 79,49, sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 71,67. Hasil belajar afektif dilihat dari penilaian observer  dimana  rata-rata hasil aspek afektif kelas eksperimen sebesar 81,39 dan kelas kontrol sebesar 78,06. Simpulan yang diperoleh menunjukan bahwa pembelajaran Physics-Edutainment dengan media simulasi Crocodile Physics dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada pembelajaran Physics-Edutainment dengan ceramah.

 

This study aims to determine whether the learning model with the aid of Physics-Edutainment media Crocodile Physics can improve student learning outcomes. Population in this research is class X-1 to X-4 class. Sampling was done randomly using random sampling techniques. On the implementation of learning, classroom experiments treated by applying the model of learning Physics-Edutainment with media guided by Crocodile Physics where the delivery of content and activities before the practicum, teacher show simulations media and student attention. Class controls treated by applying learning with Physics -Edutainment model with lectures. The study design used a pretest - posttest control group design. Methods of data collection using the documentation, testing, and observation. Based on the test results obtained from the data gain experimental class get an increase of <g> = 0.67 and gain control class <g> = 0.56 is classified as a second class in the criteria being improved. Test mastery learning mastery learning classical percentages obtained for the experimental group by 85% and the control group was 68%. Psychomotor learning outcomes assessed in practical implementation. Psychomotor learning outcomes experimental class average of 79,49, while the average control class is 71,67. Affective learning outcomes assessment visits of observers which averages the affective aspects of experimental class and control class at 81,39 for 78,06. The conclusions obtained show that learning with Physics-Edutainment media Crocodile Physics simulation can improve student learning outcomes and get better results than learning of Physics-Edutainment with lectures.

References

Arifin, HM.1991. Ilmu Pendidikan Islam.; Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta : Bumi Aksara.

Galvez.A & A. Iglesias .2010. Videogames and Virtual Reality as Effective Edutainment Tools. FGIT: 564-576. Tersedia di http://personales.unican.es/iglesias[diakses 15-1-2013].

Indriati, S.C.P. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(2): 192-197. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii [diakses 15-1-2013].

Karagoz, O. & N. Ozdener.2010. Evaluation of the Usability of Different Virtual Lab Software Used in Physics Courses. Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP). 4(2): 216-235. Tersedia di http://bjsep.org/getfile.php?id=78 [diakses 13-1-2013]

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munib, Achmad. 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Sholeh Hamid, Moh.2011. Metode Edutainment. Jogjakarta : DIVA press

Sudjana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Cetakan V. Bandung: Sinar Baru Glasindo

Widiyatmoko, A. 2010. Penerapan Pendekatan Science-Edutainment Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes dengan tema Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Publikasi Karya Ilmiah. Semarang, 24 Juli 2010.

Widiyatmoko, A. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika dengan Pendekatan Physics-Edutainment Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif. Journal of Primary Education,1(1): 38-44. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe [diakses 15-1-2013].

Wiyanto.2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang : UNNES Press.

Section
Articles