EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MEDIA ANIMASI DAN LKS MANDIRI PADA SISWA SMA

  • D Ismalaranti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
  • Wiyanto - Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
  • Isa Akhlis Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,Indonesia, 50229
Keywords: Physics in High school, learning in classroom, animation

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan media animasi dan LKS mandiri dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi Fisika dan ketuntasan belajar. Pengambilan data diperoleh dari aspek kognitif yaitu nilai hasil pretest dan posttest. Pengolahan data dengan menggunakan analisis uji gain dan uji ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,58 > 0,29).  Hasil presentase ketuntasan belajar kelas eksperimen mencapai 94% dan dikatakan tuntas secara klasikal. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan media animasi dan LKS mandiri efektif digunakan pada siswa SMA kelas XI IPA

 

This research was conducted to know that learning by using animation and LKS independent could enhance students' comprehension of the physics of matter and mastery learning. Retrieval of data obtained from the cognitive aspects of the score of the pretest and posttest. Data processing using gain test and mastery test. The results showed that the improved comprehension of the experimental class higher than the class of controls (0.58> 0.29). Percentage of mastery learning outcomes experimental class is 94% complete and is said to be classical. So it can be concluded that learning physics with animations and LKS independent media effectively used in high school science class XI.

References

Bakharuddin, Ahmad. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Dan Media Pembelajaran. Tersedia di http://www.bakharuddin.net/ [diakses 13-07-2013]

Hasrul, Bakri. 2011. Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash Cs3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2. Makassar: Pendidikan Teknik Elektro UNM.

Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noah S. Podolefsky, Katherine K. Perkins, & Wendy K. Adams. 2009. Computer simulations to classrooms: tools for change. Boulder : University of Colorado.

R.Asep, Dedi S. 2013. Pengumuman Hasil Kelulusan UN SMA 2013. Tersedia di http://www.Pengumumanun.com/ [diakses 13-06-2013]

Rifa’i, Ahmad. dkk. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik

Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Section
Articles