PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KOMUNIKATIF DAN RASA INGIN TAHU SISWA SMP

  • Atiko Marta Putri Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia,50229
  • Siti Khanafiah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia,50229
  • Hadi Susanto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia,50229
Keywords: Contextual Teaching Learning, Snowball Throwing treatment, communicative character and student’s curiosly

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses penerapan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan Snowball Throwing dapat mengembangkan karakter komunikatif dan rasa ingin tahu siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan angket skala sikap dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode skala rating yang dijumlahkan untuk menganalisis perkembangan karakter komunikatif dan rasa ingin tahu siswa serta metode persentase untuk menganalisis hasil belajar kognitif siswa. Uji gain ternormalisasi digunakan untuk menganalisis peningkatan perkembangan karakter dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan Snowball Throwing dapat meningkatkan perkembangan karakter komunikatif dan rasa ingin tahu serta hasil belajar kognitif siswa karena melibatkan peran aktif siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri, berdiskusi untuk menyusun pertanyaan, menjawab pertanyaan maupun mengemukakan pendapat.

 

This research purposed to know what determine the process of contextual learning model with Snowball Throwing treatment can develope communicative character and curiosly of Junior High School student. Method of the research that used is action research which held in two cycles. The method of data collection used attitude scale and test. Technic of analysis used method of summated ratings to analyse development of communicative character and student’s curiosly, and also percentage method to analyse student’s cognitive learning result. The normalized gain used to analyse increasing of character development and cognitive result. The result showed determine of contextual learning model with Snowball Throwing treatment can increasing development communicative character and curiosly, also student’s result of cognitive learning because that hold student’s activity to found their own knowledge, discussion to arrange questions, answer the questions or giving arguments.

References

Aqib, Zainal. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya

Arifin, M. 2003. Upaya Meningkatkan Kerjasama Kelompok dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajran Fisika. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia 7(3): 25-34

Aslant, Mecit. 2011. Handbook of Moral and Character Education, Edt. Larry P. Nucci and Darcia Narvaez. International Journal of Instruction, 4(2): 211-214

Gita, I Nyoman. 2007. Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 1(1): 26-34

Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hergenhanh, B.R. & M.H Olson. 2008. Theories of Learning (teori belajar) (7th ed). Translated by Tri,W.B.S. 2008. Jakarta: Prenada Media Group

Permendiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Puspendik Balitbang Kemendiknas. 2011. CD Laporan Hasil Ujian Nasional SMP SMA SMK Tahun 2011

Respository. 2008. Pengembangan Ketrampilan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung : Rajawali Press

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Smith, Bettye P. 2006. Contextual Teaching and Learning Practices in The Family anf Consumer Sciences Curriculum. Journal of Family and Consumer Sciences Education, 24(1): 14-27

Sugandi, Achmad, dkk. 2007. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Press.

Widodo, P. Slamet. 2009. Meningkatkan Motivasi Siswa Bertanya melalui Metode Snowball Throwing dalam Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Penabur 8(13):42-55

Section
Articles