PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN TEKNIK PROBING-PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA KELAS VII SMP

  • Imam Tri Harsoyo Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Achmad Sopyan Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: Probing-Prompting, Problem Based Learning, Problem solving ability

Abstract

Pada dewasa ini kebanyakan model pembelajaran ini memiliki kecenderungan kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika mereka ikut aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi anak adalah dengan kemampuan memecahkan masalah secara mandiri. Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah di lokasi penelitian yaitu SMP N 12 Semarang masih rendah. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik Probing-Prompting diharapkan dapat membantu siswa SMP N 12 Semarang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah khususnya mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbandingan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik probing-prompting dan kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian yang dilakukan tergolong sebagai penelitian true eksperimental dengan design Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Analisis kemampuan pemecahan masalah dengan analisis uji gain diperoleh untuk nilai pre-test dan post-test mengalami peningkatan sebesar 73 % pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 61 %.

 

To the present time many learning model have the thinking tendency that the student will be better to learn if they active in learning process. One of the way to increase the participation of the student is pass though the problem solving ability independently. Based on the initial observation result show that the problem solving ability in SMP N 12 Semarang still low. Therefore, the application of problem based learning with Probing-Prompting technique is expectable to increase the problem solving ability of the student of SMP N 12 Semarang especially in integrated natural science subject. The purpose of this research is to know the ratio level of problem solving ability of the SMP N 12 Semarang student that use the problem based learning model with Probing-Prompting technique and the Problem Based Learning model. This research include the true experimental and use the Postest Control Group Design. The technique of taking sample is simple random sampling technique. The problem solving ability analysis use the gain test, that be obtained from pre-test and post-test score and the increasing of problem solving ability percentage are 73% for experiment and 61 % for control.

References

Afiatin, Tina. 2012. Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning. Jurnal Universitas Gadjah Mada, 1 (1): 1-7. Tersedia di http://inparametric.com [diakses 05-05-2014].

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-Isu Metods Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.

Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendekatan. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Moeleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2010a. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010b. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Swarjawa, I Wyn. Eka, Md. Suarjana, dan Ni Nym. Garminah. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sebatu. Singaraja: Jurnal Undiksha, 1 (1): 1-13. Tersedia di http://ejournal.undiksha.ac.id [diakses 20-12-2013].

Wiyanto, Sri Mulyani E.S, Enni S. Rahayu, Rochmad, Sudarmin dan

Sutikno. 2011. Panduan Penulisan Skripsi dan Artikel Ilmiah. Semarang :FMIPA Unnes.

Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: Unnes Press.

Section
Articles