ANALISIS KONSEPSI DAN PERUBAHAN KONSEPTUAL SUHU DAN KALOR PADA SISWA SMA KELAS UNGGULAN

  • Puput Putri Lestari Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Suharto Linuwih Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: Conception, Conceptual Changes, Temperature and Heat.

Abstract

Untuk mengetahui konsepsi dan perubahan konseptual siswa pada materi suhu dan kalor, dilakukan penelitian kualitatif pada siswa SMA N 4 Magelang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian dimulai dengan pengumpulan data dan observasi terhadap siswa. Tahap selanjutnya yaitu melakukan uji coba soal tes tulis pada kelas regular. Hasil dari uji coba soal kemudian dijadikan bahan untuk melakukan tes tulis pada kelas X dan XII IPA unggulan. Soal tes tulis merupakan soal essay berupa soal konseptual. Setelah itu, dilaksanakan tes wawancara dengan sampel siswa yang jawabannya memiliki banyak peluang/kemungkinan. Konsepsi siswa berbentuk konsepsi ilmiah, alternatif, dan paralel. Konsepsi paralel siswa merupakan perpaduan antara konsepsi ilmiah dan alternatif serta perpaduan dua konsepsi alternatif. Faktor yang melatarbelakangi munculnya konsepsi pada siswa meliputi pemahaman kurang mendalam, apresiasi konseptual, intuisi kehidupan sehari-hari, dan pengetahuan sebagai struktur teoritis. Bentuk perubahan konseptual siswa signifikan pada perubahan menuju konsepsi ilmiah sedangkan perubahan konsepsi alternatif dan paralel terjadi meski dengan jumlah yang sedikit.

 

In purpose to know the students’ conception and also their conceptual changes in learning materials of temperature and heat, a qualitative research was conducted in SMAN 4 Magelang in academic year 2013/2014. The reseach was started by collecting data dealing with the research and observing the students. The next step was the trial of written test to regular class. The result of the trial was used as the test given to the superior class of ten and twelfth graders. The given written test is conceptual in the form of essay. After conducting the written test, interview test was conducted. The samples are the students who had many possibilities in answering the written test. Based on the research result, the students’ concepts are scientific concept, alternative concept, and parallel concept. The parallel concept is the combination between scientific concept and alternative concept and also the combination between two alternative concepts. Factors influencing and triggering the students’ conception are shallow understanding, conceptual appreciation, daily intuition, and knowledge as the theoretical structures. The conceptual changes significantly approach the scientific conception while the changes of alternative conception and parallel took place although in small precentage.

References

Bașer, M. 2006. Effect of Conceptual Change Oriented Instruction on Students’ Understanding of Heat and Temperature Concepts. Journal of Maltese Education Research, 4(1).

Küçüközer & Kocakülah. 2007. Effect of Simple Electric Circuits Teaching on Conceptual Change in Grade 9 Physics Course. Journal of Turkish Science Education, 5(1).

Mursalin. 2012. Model Diklat Penanggulangan Miskonsepsi Guru Fisika Pada Topik Kelistrikan dan Kemagnetan Melalui Simulasi Komputer. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Moesono, A., G. A. Santoso, I. Jatipura, P. Lestari Suharso, dan D. Triarini Indirasari. 2005. Peran Kognitif dan Meta Kognitif Dalam Proses Pembelajaran Bagi Tercapainya Pemahaman yang Optimal. Jurnal Psikologi Sosial, 3(11). Ozdemir, Omer F. 2004. The Coexistence Of Alternative and Scientific Conceptions in Physics. Disertasi. Ohio State University.

Posner, George J., Strilke, Kenneth A., Hewson, Peter W., and Gertzog, William A. 1982. Accomodation of a Scientific Conception: Toward a Theory of Conceptual Change. Science Education. 88(2): 211-227.

Sabella & Redish. 2004. Knowledge Activation and Organization in Physics Problem Solving. University of Maryland.

Santyasa, I Wayan. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Makalah dipresentasikan dalam pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA, Nusa Penida Bali, 29 Juni s.d 1 Juli 2007.

Sirait, Judyanto. 2010. Pendekatan Pembelajaran Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Topik Suhu Dan Kalor. Jurnal PMIPA, 1(2):26.

Suratno, Tatang. 2008. Konstruktivisme, Konsepsi Alternatif dan Perubahan Konseptual dalam Pendidikan IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, (10).

Sözbilir, Mustafa. 2003. A Review of Selected Literature on Students’ Misconceptions of Heat and Temperature. Boğaziçi University Journal of Education, 20(1): 25-28.

Vosniadou, Stella. 1994. Capturing and Modeling the Process of Conceptual Change. Jurnal Learning and Instruction. 4: 45-69.

Weiss, L. 2000. Ell And Non-Ell Students’ Misconceptions About Heat And Temperature In Middle School. Tesis. Florida: University of Central Orlando.

Section
Articles