PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA

  • Umi Kulsum Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Sunyoto Eko Nugroho Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: Cooperative Problem Solving, understanding Concept Ability, Communication Skills in Science

Abstract

Banyak siswa yang mampu menyajikan tingkat hafalan yang baik tetapi tidak dapat memahami konsep dan tidak mampu mengaplikasikan maupun mengkomunikasikan pengetahuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Problem Solving dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika dan komunikasi ilmiah siswa. Pembelajaran Cooperative Problem Solving membiasakan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya melalui diskusi pemecahan masalah, sehingga siswa lebih memahami konsep serta mampu mengkomunikasikan pemikirannya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 8 Semarang. Desain dalam penelitian ini adalah True Experimental Design jenis Control Group Pretest Posttest. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes dan observasi yaitu untuk menentukan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi ilmiah siswa yang kemudian dianalisis dengan uji-t satu pihak kanan (t-test), uji gain, uji signifikansi, serta analisis kemampuan komunikasi ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Problem Solving dalam pembelajaran fisika mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi ilmiah siswa SMA.

 

Many students are able to present a good level of rote but aren’t able understand the concept and are not able to apply and communicate this knowledge. This study aims to determine whether the application of Cooperative Problem Solving Model can improve the understanding of scientific concepts and communication students. Cooperative Problem Solving familiarize students to construct their own knowledge through problem-solving discussions, so that students are more understand the concepts and be able to communicate his thoughts. The population in this study is all students of class XI Science SMAN 8 Semarang. The design of this research is true experimental design control group pretest posttest types. Retrieval of data obtained with the test method and observation of an increased ability to determine conceptual understanding and scientific communication students then analyzed by one tail test (t-test) gain test, significant understanding of concepts test, and scientific communication abilities analysis. The results showed that the application of learning models Cooperative Problem Solving in learning physics is able to improve communication and understanding of scientific concept high school students.

References

Ahmad, A., F. Ihmeideh, & K. Al-Dababneh. 2010. Attitudes Toward Communication Skills Among Student’s-Teachers’ in Jordanian Public Universities. Autralian Journal of Teacher Education, 35(4) : 1-11.

Alam, Burhan Iskandar. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Siswa SD Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

Anggara, A. A., J.S. Sukardjo, & E. Susilowati. 2014. Penerapan Pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) Disertai Demonstrasi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Prestasi Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(1): 8-13.

Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Heliyah. 2011. Penerapan Strategi Action Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Ilmiah pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di Kelas VIII SMP N 6 Surakarta. Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Levy, O. S., B. Eylon, & Z. Scherz. 2008. Teaching Communication Skills in Science : Tracing Teacher Change. Teaching ang Teacher Education, 24 : 402-477

Polya, G. 1985. How To Solve It 2nd ed. New Jersey: Princeton University Press. Tersedia di https://b85410d3-a-62cb3a1a-s-sites.googlegroups.com/site [diakses 16 -4-2013]

Rifa’i, A. & C. Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Rusnaeni, Yani S. 2011. Pembelajaran Fisika Melalui Kegiatan Laboratorium Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ilmiah pada Siswa SMP. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Subratha, Nyoman. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Dan Strategi pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 1(2) : 135-147

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning (Teori & Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP, 1(1)

Section
Articles