PROFIL KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU FISIKA DI INDONESIA

  • Bhekti Kumorowati Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • - Sugiyanto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: professional competence, prospective physics teacher, subject absorption.

Abstract

Rendahnya pemahaman fisika salah satunya dipengaruhi oleh guru. Pentingnya peran guru terhadap pembentukan kognitif siswa, mengharuskan guru memenuhi standar kompetensi profesional sesuai Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru yaitu melalui peneropongan terhadap kompetensi profesional calon guru, sehingga dapat menyiapkan calon guru yang berkualitas. Sampel yang diambil adalah 651 calon peserta PPG Pra Jabatan jalur SM-3T mapel fisika tahun 2012-2013 dengan IPK ≥ 3,00. Data diperoleh dari daya serap Tes Seleksi Masuk (TSM) yang kemudian diolah dengan analisis univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa (1) pemetaan kompetensi profesional ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas calon guru fisika. (2) Terdapat hubungan antara IPK calon guru fisika dengan Skor TSM. (3) Kompetensi profesional calon guru fisika di Indonesia mengalami peningkatan mutu. (4) Alat ukur dalam penelitian ini tidak sesuai dengan konten kurikulum 2013.

 

One of the causes of the lack of understanding of physics is influenced by the teacher. The importance of the role of teacher to student cognitive formation, requires teachers to meet the standards of professional competence in accordance Permendiknas No. 16 of 2007. Efforts to improve the competence of teachers is through observation of the prospective teachers’ professional competence, so that teachers can prepare qualified candidates. Samples taken were 651 PPG’s participants from SM-3T in physics 2012-2013 with GPA ≥ 3.00. Data obtained from absorption Admission Test (TSM) which is then processed by univariate and bivariate analysis. Based on the results obtained by analysis that (1) professional competency mapping may be used as consideration to improve the quality of future teachers of physics. (2) There is a relationship between prospective physics teachers’ GPA with TSM scores. (3) The quality of professional competence of prospective physics teachers’ in Indonesia increased. (4) Measuring instrument in this study does not correspond to the content of the curriculum in 2013.

 

References

Akuntono, I. 2012. Prosentase Kelulusan UN 2012 Meningkat. Kompas.com, 24 Mei. Online. Tersedia di edukasi.kompas.com/read/2012/05/24/2112220/Prosentase.Kelulusan.UN.2012.Meningkat [diakses 21-02-2014].

Arisandy, Y. Mendikbud Umumkan Hasil Akhir UN SMA 2013. Antara News, Mei. Online. Tersedia di http://www.antaranews.com/berita/376294/mendikbud-umumkan-hasil-akhir-un-sma-2013 [diakses 21-02-2014].

Arslan, A. S. & M. A. Kurnaz. 2009. Prospective Physics Teachers’ Level of Understanding Energy, Power, and Force Concepts. Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching, 10 (1): 1 – 18.

Kelly, D., H. Xie, C.W. Nord, F. Jenkins, J. Y. Chan, & D. Kastberg. 2013. Performance of U.S. 15-Year-Old Students in Mathematics, Science, and Reading Literacy in an International Context: First Look at PISA 2012 (NCES 2014-024). Washington DC: National Center for Education Statistics.

Kemendikbud. 2012. Hasil Ujian Akhir (Gabungan UN dan Nilai Sekolah) SMP/MTs Tahun Ajaran 2011/2012. Bahan Materi Jumpa Pers. Online. Tersedia di http://e-dokumen.kemenag.go.id/files/UCbywqJx1338784995.pdf [diakses 21-02-2014].

Kemendikbud. 2013. Hasil UN SMP – Sederajat Tahun Ajaran 2012/2013. Konferensi Pers. Online. Tersedia di http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/sites/default/files/Konpres%20UN%20SMP%202013%2031%20Mei%202013.pdf [diakses 21-02-2014].

Kereh, C. T., J. Sabandar, & P. C. Tjiang. 2013. Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Konten Matematika pada Materi Pendahuluan Fisika Inti. Prosiding Seminar Nasional dan Pendidikan Sains VII. Salatiga: UKSW.

Martin, M.O., I.V.S. Mullis, P. Foy. 2008. TIMSS 2007 International Science Report, Findings from IEA’s Trends in International Mathematics and Science Study at the Fourth and Eighth Grades. United States: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Martin, M.O., I.V.S. Mullis, P. Foy, G.M. Stanco. 2012. TIMSS 2011 International Results in Science. United States: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Organisation for Economic Co-operation and Development. 2013. PISA 2012 Results in Focus: What 15-Year-Olds Know and What They Can Do with What They Know. United State: OECD

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sundari. 2012. Kemampuan Guru Bahasa Inggris SMP Memprihatinkan. Tempo.co. Online. Tersedia di http://m.tempo.co/read/news/2012/08/05/079421508/Kemampuan-Guru-Bahasa-Indggris-Memprihatinkan [diakses 29-04-2014].

Yusuf, M. & W. Setiawan. 2009. Studi Kompetensi Multirepresentasi Mahasiswa pada Topik Elektrostatistika. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2 (1): 1 – 10.

Section
Articles