PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL BERBASIS BADGE DALAM MOODLE PADA MATERI GERAK LURUS

  • Himmah Nabiila Nabiila UNNES

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam evaluasi pembelajaran berbasis e-learning yaitu kurangnya motivasi siswa dan kurang interaktif dalam penilaian pembelajaran. Metode yang dapat diterapkan dalam evaluasi pembelajaran yang interaktif yaitu metode gamifikasi.  Metode gamifikasi menerapkan elemen-elemen yang terdapat dalam sebuah game atau video game yang bertujuan untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik instrumen soal berbasis gamifikasi badge dalam Moodle serta kualitas instrumen soal berbasis badge dalam Moodle pada pokok bahasan gerak lurus. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan metode pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) analisis konsep, (3) perancangan media, (4) penyusunan instrumen soal, (5) validasi ahli, (6) uji coba skala kecil, serta (7) uji coba skala luas. Instrumen soal yang dikembangkan berbasis website dengan menggunakan Gnomio Moodle berjumlah 20 butir soal. Hasil penelitian yang didapatkan adalah validitas instrumen mendapatkan skor validitas Aiken’s V dengan rata-rata 0,88 yang melebihi batas minimal yaitu 0,87 sehingga dinyatakan valid. Validitas ahli media mendapatkan skor 84,75% dengan kategori sangat baik. Reliabilitas 0,819 dengan kategori tinggi. Tingkat kesukaran butir soal  0,663 dengan kategori sedang dan daya beda butir soal rata-rata 0,387 dengan kategori cukup. Terdapat hubungan antara skor tes yang menggunakan gamifikasi  dan tes tanpa gamifikasi secara positif dengan nilai korelasi rhitung sebesar 0,8964. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang kuat, jika skor tes menggunakan gamifikasi tinggi maka skor tes tanpa gamifikasi juga tinggi, jika skor tes menggunakan gamifikasi rendah maka skor tes tanpa gamifikasi juga rendah.

Published
2022-08-03
Section
Articles