PENERAPAN MODEL KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION BERBASIS EKSPERIMEN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR

  • Indra Wahyuningsih Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • - Sarwi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • - Sugianto Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Investigation, Guided Inquiry Experiment, Reflection Concept

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Group Investigation berbasis eksperimen inkuiri terbimbing dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa pada materi pemantulan cahaya dibandingkan dengan metode eksperimen sederhana. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa. Berdasarkan analisis data dengan uji gain ternormalisasi, diperoleh peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,62 dan 0,52. Rata-rata aktivitas psikomotorik dan afektif kelas eksperimen mencapai 71,74 dan 72,28, sedangkan untuk kelas kontrol hanya 65,97 dan 68,65. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation berbasis eksperimen inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa pada materi pemantulan cahaya dibandingkan dengan metode eksperimen sederhana.

 

The objective of this research is to test the effectiveness of Group Investigation based on the guided inquiry experiment model for increase the activity and cognitive achievement on reflection concept compared with using the simple experiment method. The design research is Pretest-Posttest Control Group Design. Instrument used is test to measure scores of cognitive achievement and observation sheet to measure scores of activity. The result of gain normalized <g> analysis showed that the cognitive achievement of the experimental and control classes are 0,62 and 0,52. The average score of the psychomotor and affective activity for experimental class is 71,74 and 72,28. Otherwise, for control class is only 65,97 and 68,65. Based on the result of this research, it can be concluded that application of Group Investigation based on the guided inquiry experiment effective to increase the activity and cognitive achievement on reflection concept compared with using the simple experiment method.

References

Brickman, P.,C. Gormally., N. Armstrong, & B. Hallar. 2009. Effects of Inquiry-based Learning on Students Science Literacy Skills and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3(2):1-22.

Nasrudin, H. & A. Utiya. 2010. Improvement Thingking Skills and Scientific Attitude Using The Implementation Of Group-Investigation Cooperative Learning Contextual Oriented At Acid, Base And Salt Topic In Junior High School .Surabaya: Universitas Surabaya.

Ruhadi. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif STAD Salah Satu Alternatif Dalam Mengajarkan Sains IPA yang Menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 6(1): 43-51. Tersedia di jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/61084351.pdf [diakses 15 Januari 2011].

Sutama. 2007. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Mengembangkan Kreatifitas Mahasiswa. Varidika. 19(1): 1-14. Tersedia di jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/19107114.pdf [diakses 4 Maret 2011].

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Wenning, C. 2005. Levels of Inquiry: Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Processes. Journal of Physics Theacher Education, 2(3):1-26.

Widodo. 2009. Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI.1PA-1 SMA Negeri 1 Simo/ Semester genap tahun 2007/2008. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(6): 32-38. Tersedia di jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/26093238.pdf [diakses 5 Maret 2011].

Zingaro, D. 2008. Group Investigation: Theory and Practice. [online]. Tersedia:http://www.danielzingaro.com/2008/07/group-investigation: theory-and-practice.html [13 Januari 2011].

Section
Articles