UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 KENDAL

  • Adhi Tya Restu Nugroho Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sukiswo Supeni Edie Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Student interest, learning result, Learning Start With A Question.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui metode Learning Start With A Question (LSQ). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan one group pretest posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, yang kemudian diperoleh kelas XI MIA 2.1 sebagai sampel. Peningkatan hasil belajar kognitif diketahui dari nilai rata-rata pretest dan posttes siswa, sedangkan peningkatan minat diketahui dari skor rata-rata angket yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Uji yang digunakan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa adalah uji gain. Analisis uji gain terhadap hasil belajar kognitif siswa diperoleh peningkatan (g) sebesar 0,455 dan minat siswa terjadi peningkatan (g) sebesar 0,24. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Learning Start With A Question dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika.

This study aims increase student interest and student learning outcomes through learning methods Start With A Question (LSQ). This research is an experimental study with one group pretest posttest design. Sampling was done by simple random sampling technique, which then obtained MIA XI 2.1 as a sample. Improved cognitive learning outcomes in mind of the average value of pretest and posttes students, while increasing interest in mind of the average score given questionnaires before and after learning. Test used to determine the increase in interest and student learning outcomes is the gain test. Gain test analysis of the results obtained by an increase in students' cognitive learning (g) of 0.455 and an increase in student interest (g) of 0.24. Based on the analysis it can be concluded that the teaching methods Learning Start With A Question can be used to increase the interest and learning outcomes physics

References

Kusuma, D.L. & I.N. Parta. 2013. Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran dengan Strategi Learning Start With A Question pada Materi Segitiga dan Segiempat untuk Siswa kelas VII-H SMPN 1 Blitar. FMIPA Universitas Negeri Malang: 7-8. Tersedia di http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelBF44977EFB0B3B000F565225136BCA31.pdf [diakses 18-11-2014].

Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Phopam, W.J. & E.L. Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematis.

Jakarta: Rineka Cipta.

Riswani, E.F. & A. Widayati. 2012. Model Active Learning dengan Teknik Learning Start With A Question dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XI Ilmu Sosial 1SMA Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, 10(2): 18-19. Tersedia di http://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/910 [diakses 18-11-2014].

Samudra, G.B. et al. 2014. Permasalahan-permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 1-2. Tersedia di http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1093 [diakses 10-12-2014].

Sanjaya, W. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saputri, G. E. 2011. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Learning Starts With A Question pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Tegowanu Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Zaini, H. et al. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Section
Articles