PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KIT HIDROSTATIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TEKANAN ZAT CAIR PADA SISWA SMP

  • Maliasih Maliasih Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nathan Hindarto Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Hydrostatic kit, fluid pressure, understanding concept

Abstract

Pengembangan alat peraga kit hidrostatis beserta LKS diperlukan agar siswa lebih memahami konsep tekanan zat cair. Konsep tekanan zat cair yang abstrak menjadi lebih kongkret dengan adanya kit hidrostatis, dan LKS digunakan sebagai petunjuk praktikum. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kelayakan alat peraga kit hidrostatis beserta LKS sebesar 3,61 dikategorikan sangat layak digunakan, (2) konsep tekanan zat cair dijelaskan dengan metode demonstrasi menggunaka alat peraga kit hidrostatis dan pemahaman konsep siswa meningkat, (3) pemahan konsep siswa meningkat dengan nilai N-Gain sebesar 0,65 kategori sedang. Dengan demikian, alat peraga kit hidrostatis beserta LKS layak digunakan dan dapat meningkatkan pemahaman konsep tekanan zat cair siswa SMP.

 

Hydrostatic kit and students’ worksheets perfection is needed so that the students understand more about the concept of fluid pressure. The abstractconcept of fluid pressure become more concrete as is hydrostatis kit, and students’ worksheets is used as a lab work guideline. The research shows that: (1) the expedience of hydrostatic kit properties and students’ worksheets is 3.61, it is categorized as very properly used, (2) the concept of fluid pressure can be explained by demonstration method using hydrostatic kit and students’ concept understanding is increasing, (3) students’ concept understanding is increasing by N-Gain value is 0.65 moderate category. So, hydrostatic kit properties and students’ worksheets is properly used and can increase the Junior High School students’ understanding about the concept of fluid pressure.

References

Benckert, S and SPettersson. 2008. Learning Physics in Small-Group Discussions – Three Examples. Sweden: Umea University

Ekeyi, D N. 2013.Effect of Demonstration Method of Teaching on Students’ Achievementin Agricultural Science. Nigeria: Department of Vocational and Technical Education, Kogi State University

Natawidjaja, R. 1979. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: PT. Firman Resama Offset

Prastowo, A. 2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press

Prihatiningtyas, S, Prastowo, T & B Jatmiko. 2013. Implementasi Simulasi PhET dan Kit Sederhana untuk Mengajarkan Ketrampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik.Jurnal. Semarang: JPII

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sukardiono. 2002. Pelatihan Pembuatan Percobaan Tekanan Hidrostatis, pengukuran Tekanan Zat Cair serta gaya Sentuh dan tak Sentuh Magnet bagi Guru-guru Fisika SLTP di Daerah istimewa Yogyakarta. (29/01/2015)

Section
Articles