PENERAPAN MEDIA PHYSICUSIC DALAM MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON KELAS 8 SMP NEGERI 3 UNGARAN

  • Muhammad Wakhid Al Qodri Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sukiswo Supeni Edie Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Khumaedi Khumaedi Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Media Physicusic, Non Examples Examples learning model, interest, understanding concepts, Newton’s Laws.

Abstract

Pelajaran Fisika merupakan pelajaran yang memerlukan pengertian dan pemahaman mengenai konsep-konsep fisika tersebut. Peneliti menerapkan media Physicusic dalam model pembelajaran Examples Non Example dengan tujuan untuk mengetahui perubahan minat belajar siswa dan  pemahaman konsep fisika pada bab hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Ungaran, kelas VIII I sebagai kelompok eksperimen dan VIII H sebagai kelompok kontrol. Instrumen dalam penelitian terdiri atas instrumen tes tertulis berbentuk uraian dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan minat dari 45,39%  menjadi 90,03% yang berarti media dan model pembelajaran tersebut dapat menumbuhkan minat, sedangkan peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (0,50 > 0,36).  Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan media Physicusic dalam model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan minat dan pemahaman konsep (secara kuantitatif) fisika  pada siswa SMP kelas VIII pada bab hukum Newton.

 

Physics lesson is a lesson that requires insight and understanding of the physics concepts. Researchers applying Physicusic media in Examples Non Example learning model in order to determine changes in student interest and understanding of the physics concept in the Newton's laws chapter. This study was an experimental study. The sample in this study were students of SMP Negeri 3 Ungaran, class VIII I as an experimental group and a control group is class  VIII H. Research instrument consists of a written test instruments and questionnaire. The results showed that an increase in interest from 45.39% to 90.03% which means that the media and the learning models can foster interest, while the increase in students' understanding of the concept of the experimental class is higher than the control class (0.50> 0.36). Based on these results it can be concluded that learning physics with Physicusic media in Non Examples Examples learning model to foster interest and enhance understanding of physics(quantitatively ) concepts in junior high school students of class VIII in Newton's laws chapter.

References

Andri. P. 2012. Perancangan Physicusic Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Semarang: Ikip Pgri.

Huda. M. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ridwan. M. 2012. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jurnal skripsi: 3-4.

Sardini. 2013. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Man Pontianak. Pontianak: Untan.

Safari. 2012. Indikator Minat Belajar . (online). Tersedia: (http://kamriantiramli.wordpress.com/tag/minat-minatbelajar/). dikunjungi.28 Januari 2103)

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soefandi. I dan S. A. Pramudya. 2009. Strategi Mengembangkan Kecerdasn Anak. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Soemanto. W. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Section
Articles