MODEL LEARNING COMMUNITY BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA FISIKA SMP

  • Yuli Munazah Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sugianto Sugianto Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sunyoto Eko Nugroho Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: learning community, guided inquiry, learning outcome.

Abstract

Kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Learning community merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas. Siswa dituntut aktif dengan memegang peran masing-masing untuk saling bertukar pengetahuan dalam komunitas belajar. Proses bertukar pengetahuan dalam komunitas belajar memudahkan siswa untuk memahami materi sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada kelas yang menggunakan model learning community berbasis inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif kelas eksperimen dengan n-gain 0,51. Ranah afektif meningkat dengan n-gain 0,01. Psikomotorik siswa meningkat dengan n-gain 0,66 dan 0,52. Kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan perbedaan hasil belajar dengan t hitung sebesar 3,288.  Peningkatan kelas eksperimen menyimpulkan bahwa model learning community dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

 

The lack of involvement of the student in following the lessons have an impact on learning outcome unsatisfactory. Learning community is one model of learning that can enhance the activity of the students in the class. Students are actively by holding their respective roles to exchange knowledge in learning communities. The process of exchanging knowledge within the learning community easier for students to understand the material so that the impact on improving student learning outcome. A research on improvement of learning outcome in the classroom using guided inquiry based learning community model. The method used is a quasi-experimental design with a kind of nonequivalent control group. The results showed an increase in cognitive learning outcome experimental class with n-gain 0.51. Affective increases with n-gain of 0.01. Psychomotor students increased by n-gain 0.66 and 0.52. Experimental class and control class shows differences in learning outcome by t calculate equal to 3.288. Improved experimental class concluded that the learning community model can be used to improve student learning outcome.

References

Arifanto, R.A. & Salamah. 2010. Peningkatan Mutu Pembelajaran IPS dengan Model Learning Community di SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Sosialita, 2(2):10.

Memes, W. 2000. Model Pembelajaran Fisika di SMP. Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah IBRD Loan No. 3979. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan Nasional.

Natalia, M., I. Mahadi, & A.C. Suzane. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Prosiding Seminar FMIPA. Lampung : Unversitas Lampung.

Oktora, C.W. 2012. Penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Teknik Learning Community Untuk Meningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran PKN di SD Negeri 2 Kapuan Cepu Semarang 2 Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Salatiga: FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada.

Siswati, H.A., W. Sunarno, & Suparmi. 2012. Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Diskusi dan Eksperimen Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Gaya Belajar. Jurnal Inkuiri, 1(2) :132-141. Tersedia di http://jurnal.pasca.uns.ac.id. [diakses 29-5-2014]

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Suharsimi, A. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara.

Wynn, C.T., Mosholder, R.S., Larsen, C.A. 2014. Measuring the Effects of Problem-Based Learning on the Development of Postformal Thinking Skills and Engagement of First- Year Learning Community Students. In Learning Community Research and Practice, 2(2), Article 4. Tersedia di http://washingtoncenter.evergreen.edu/lcrpjournal/vol2/iss2/4.html [diakses 30-4-2015].

Section
Articles