Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Berbasis Electronical Government melalui Aplikasi Blakasuta di Tiga Kantor Kecamatan Kabupaten Brebes

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Azis Nur Ilman
Nugraheni Arumsari

Abstract

Dindukcapil Kabupaten Brebes membuat Aplikasi Blakasuta sejak tahun 2018 Hingga sekarang ini seluruh Kantor Kecamatan di Kabupaten Brebes sudah menjalankan aplikasi tersebut, namun dalam penelitian ini objek yang menjadi kajiannya ialah Kantor Kecamatan Brebes, Kantor Kecamatan Jatibarang dan Kantor Kecamatan Songgom. Pada masa pandemi covid-19 instansi pemerintah harus lebih memanfaatkan teknologi informasi sehingga pelayanan berkonsep e-government harus lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pelayanan publik berbasis electronical government yaitu aplikasi Blakasuta di Kabupaten Brebes, dan faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanakan aplikasi tersebut.


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara secara langsung, observasi di lapangan dan dokumentasi. Terdapat dua sumber yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Uji keabsahan yakni melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.


Dari  hasil penelitian yang telah dijabarkan, sesuai dengan konsep George Edward III mengenai variabel keberhasilan implementasi aplikasi Blakasuta yang meliputi (1) Komunikasi, Komunikasi yang terjadi berupa komunikasi internal dan komunikasi eksternal: (2) Sumber daya Sumber daya dalam implementasi kebijakan yaitu sumber daya manusia, sumber daya infrastruktur dan sumber daya finansial (3) Disposisi pelaksanaan implementasi kebijakan aplikasi Blakasuta dapat dinilai komitmen dari Dindukcapil Kabupaten dan (4) Struktur Birokrasi, dalam pelaksanaan aplikasi Blakasuta diatur dalam  Peraturan Kepala Dinas. Saran peneliti ditengah pandemi covid-19 penggunaan pelayanan online  harus dilakukan, oleh karena itu Dindukcapil Kabupaten Brebes hendaknya memaksimalkan sosialisasi aplikasi Blakasuta dan membuat wifi corner serta menyediakan hardware di lingkungan Kantor Kecamatan untuk masyarakat agar mempermudah penggunaan aplikasi Blakasuta.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ilman, A. A., & Arumsari, N. (2021). Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik Berbasis Electronical Government melalui Aplikasi Blakasuta di Tiga Kantor Kecamatan Kabupaten Brebes. Unnes Political Science Journal, 5(2), 69-73. https://doi.org/10.15294/upsj.v5i2.50318