Abstract

Pendekatan SETS merupakan pendekatan pembelajaran yang menyajikan keterkaitan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat dan dampak yang ditimbulkannya ke dalam tema sains. Pendekatan ini memiliki karakteristik mendorong siswa untuk lebih aktif yang secara tidak langsung juga menumbuhkan nilai sikap/karakter kepada siswa. Internalisasi nilai karakter dan aktivitas dalam pembelajaran dapat diwujudkan dengan kegiatan kelompok yang memungkinkan siswa untuk lebih banyak berinteraksi, salah satunya dengan implementasi media pembelajaran game ular tangga bervisi SETS bermuatan karakter. Media pembelajaran ini berbasis game edukatif dengan adopsi permainan tradisional ular tangga yang dirancang berdasarkan metode research and development (r & d). Hasil penilaian pakar menunjukkan media game ular tangga telah layak uji pakar materi maupun media dengan kriteria sangat layak dengan persentase kelayakan oleh pakar materi sebesar 94,24% dan pakar media sebesar 94,64%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa media pembelajaran ini berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif yang dibuktikan dari adanya perbedaan rata-rata pemahaman siswa melalui uji t dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,5 (sedang). Media pembelajaran ini juga mampu meningkatkan aktivitas serta karakter jujur dan bersahabat/komunikatif siswa.

 

SETS approach offers the connections between science, environment, technology and society also their effects to science themes. The characteristic of this approach is the capability to encourage student’s activities indirectly and encourage their characters building. The internalization of character values and students’ activities in learning activities could realize on group activities that enable students to interact more, one of the ways is the implementation of snake and ladder learning media with SETS perspective and containing character values. The basic of this learning media is educative game that adopts a traditional game snake and ladder which designed according to research and development (r & d) method. Experts judgements showed that snake and ladder media was feasible. Both material and media validators gave judgement of very feasible criteria, material validator gave 94,24% and media validator gave 94,64%. The result of this study shows that the media brings positive effects on student’s cognitive outcome showed by students’ average understanding concept difference based on t test result and average understanding improvement (gain) in the amount of 0,5 (moderate). This media also can increase activities and honest-friendly/communicative characters.