Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian literasi sains siswa baik aspek konten, proses dan sikap sains siswa setelah mendapatkan pembelajaran IPA terpadu dengan tipe shared.  Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran IPA terpadu dengan tipe shared. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitain ini terdiri dari tes pilihan ganda untuk menjaring capaian konten dan proses sains siswa, skala sikap untuk menjaring sikap sains siswa serta lembar observasi aktivitas siswa yang digunakan untuk menjaring aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA terpadu dengan tipe shared dapat meningkatkan kemampuan literasi sains baik aspek konten, proses dan sikap sains. Capaian konten, proses dan sikap sains siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dalam kategori sedang. Karakteristik pembelajaran IPA terpadu dengan tipe shared yang diimplementasikan yaitu; dapat mengembangkan kemampuan literasi sains siswa, bersifat student centered, berbasis pada pendekatan proses, aktivitas yang dominan selama proses pembelajaran aktivitas eksperimen dan diskusi.

Abstract

___________________________________________________________________

This study were to describe the achievements of students’ science literacy in science content, process and attitude after get integrated science learning with shared type. In addition, this study also aims to provide an overview of students’ activity on integrated science learning with shared type. The method used in this research is quasi-experimental design with one group pretest-posttest design. Instruments used in this research consists of multiple-choice tests to encompass the achievements of student’s science content and process, attitude scale to capture the students’ science attitude as well as student activity observation sheet that is used to capture the activity of students during the learning process. The results show that integrated science learning with shared types can be improve students’ science literacy in content, process and science’s attitude. Achievement of content, process and science attitudes of students overall has increased in the medium category. The characteristics of integrated science learning with shared types are implemented can be develop students' science literacy skills, student centered, based on the process approach, the dominant activity during the learning process of experimentation and discussion activities.