MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIIB

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Achlis Nurfuad

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah pada siswa kelas VIII B melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP N 2 Juwana. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 10 siswa, terdiri dari masing-masing 4 siswa berkriteria penyesuaian diri rendah dan sedang dan 2 siswa berkriteria penyesuaian diri tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan deskriptif persentase. Hasil pre-test diperoleh hasil sebesar 61,03% dan setelah diberikan treatment diperoleh hasil post-test sebesar 71,57%. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah pada semua siswa sebesar 10,54% setelah pemberian treatment. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa t hitung ? t tabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah pada siswa kelas VIII B dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah pada siswa kelas VIII B SMP N 2 Juwana setelah pemberian layanan bimbingan kelompok.

 

The purpose of this research was to determine if adjustment to the school environment student in class VIII B through group counseling services. This research included research experiments. The design used one group pre-test and post-test design. The population in the research are students of class VIII B SMP N 2 Juwana. The sampling technique used purposive sampling. This research sample are 10 students, each consisted of 4 students with low and medium criteria of adjustment and 2 students with high criteria of adjustment. Methods of data collection using psychological scales. The analysis techniques using Wilcoxon test and descriptive percentages. In the pre-test results obtained at 61.03% and after given treatment post-test results obtained at 71.57%. The results showed an increase in the adjustment to the school environment for all students of 10.54% after the treatment. Wilcoxon test results showed that t arithmatic ? t table, it’s meaning that Ho is rejected and Ha accepted. Thus, the adjustment to the school in class VIII B can be improved through group counseling services. The conclusion of this study is there is an increasing adjustment to the school at eighth grade students of SMP N 2 Juwana after guidance services group.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurfuad, A. (2013). MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIIB. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(1). https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i1.2119

References

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok. Universitas Negeri Padang.

Sunarto dan Agung Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.