Peningkatan Kepercayaan Diri Berbicara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tejo Asmara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan kepercayaan diri berbicara di depan umum melalui layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik permainan simulasi pada siswa kelas VIII E di SMP Negeri 3 Suruh pada tahun pelajaran 2015/ 2016.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan dengan prosedur perencanaan, melakukan tindakan, observasi dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket siswa, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan kepercayaan diri berbicara di depan umum dari perolehan skor rata-rata 4,0 (rendah) menjadi 5,8 (sedang). Siswa menjadi lebih percaya diri ketika berbicara di depan umum baik pada saat kegiatan kelompok di luar kelas maupun pada saat pelajaran di dalam kelas. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan kepercayaan diri berbicara di depan umum.


 The research aims to know the effort and success in improving public speaking self-confidence through group guidance services by using simulation game techniques on the students of class VIII E SMP Negeri 3 Suruh, school year 2015/ 2016. The type of the research is Counseling and Guidance Action Research. The procedures being used in the research are planning, acting, observing and reflecting. It consits of two cyles. Collecting data technique being used are: students’ questionnaire, observation and documentation. The result of the research shows that group guidance services by using simulation game techniques improving public speaking confidence, from average score 4.0 (low) to score 5.8 (middle). Students more confident in public speaking during group activities outside the classroom and during the lessons. It can be concluded that group guidance services by using simulation game techniques improving public speaking confidence.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Asmara, T. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Berbicara Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(1). https://doi.org/10.15294/ijgc.v7i1.22526

References

Astuti, A. D., dkk. (2013). Model Layanan Bk Kelompok Teknik Permainan (Games) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. 2(1), 50-56.
Corey. (2005). Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy, Seventh Edition. USA: Thomson Brooks.
Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT.Ramaja Rosdakarya.
Fithriyana, Arina., dkk. (2014). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. 3(2), 138-142.
Indrawan, P. A., dkk. (2017). Pengaruh Permainan Edukatif terhadap Interaksi Sosial Siswa Taman Kanak-kanak. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling .2(4), 132-141.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Prayitno. (2009). Seri Layanan Konseling, Layanan Penguasaan Konten. Padang: Jurusan BK FIP Universitas Negeri Padang.
Purwito. (2013). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Berbicara Di Depan Umum Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Widya Sari. 4(2), 16-21.
Ratih, Iskarima. (2009). Super Confiden Child, Tips Agar Anak Pemberani Dan Percaya Diri: Yogjakarta.
Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Santosa, Slamet. (2004). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Subini, Nini. (2011). Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Yogyakarta: Javalitera.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syaodih, Irawan. (2005). Bimbingan Di TK. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Tinggi, Dirjen Pembina Pendidikan, Dirjen Tenaga Pendidik dan Perguruan Tinggi.
Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.