Keefektifan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Self Efficacy Akademik Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Asti Purwanti

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di lapangan yakni tepatnya di SMA Negeri 14 Semarang yang menunjukkan adanya beberapa anak yang memiliki kemampuan self efficacy akademik rendah, data tersebut diperoleh berdasarkan hasil analisis daftar cek masalah (DCM) yang disebarkan pada siswa kelas XI IPS 3. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas konseling kelompok untuk meningkatkan kemampuan self efficacy akademik siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre test-post test design. Pre test dan post test yang digunakan berupa skala self efficacy akademik. Subyek penelitian ini adalah tujuh siswa yang dijadikan sebagai anggota kelompok. Uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon match pairs test dengan membandingkan jenjang terkecil dari hasil pre dan post test, diperoleh hasil  2,36 >  2, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok efektif meningkatkan kemampuan self efficacy akademik pada siswa di kelas XI IPS 3di SMA Negeri 14 Semarang tahun ajaran 2016/2017.


Kata kunci : konseling kelompok; self efficacy akademik; Siswa


 


This study was conducted based on phenomenon in SMA 14 Semarang which showed that some children have a low academic self efficacy based on the check list of problem students or DCM analysis which distributed to the XI IPS 3 students. The purpose of this study is effective of group counseling increasingto academic self efficacy of students or not. This study included into experimental research which one group pre test- post test design. Pre test and posttest in the form of academic self efficacy’s scale. The subjects of this study were seven students. The hypothesis testing using wilcoxon match pairs test by comparing the smallest level of pre and post test, the result  2,36 >  2, which means Ha accepted and Ho rejected. The conclusion of this research is group counseling service give effective increasing to academic self efficacy of students of  XI IPS 3 in senior high school of Semarang city.


Key words : group counseling; academic self efficacy; Student

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purwanti, A. (2018). Keefektifan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Self Efficacy Akademik Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(4), 1-8. https://doi.org/10.15294/ijgc.v7i4.28032

References

Alwisol. 2012. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: UMM Press.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, A. 1997. Self Efficacy The Exercise Of Control. New York: W.H Freeman and Company.

Baron, R.A. & Donn Byrne. 2004. Psikologi Sosial Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Corey, Gerald. 2012. Theory and Practice of Group Counseling. California: Brooks/Cole Cengage Learning.

Kurnanto, M. Edi. 2013. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Santrock, W John. 2003. Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga.

Sharma, Hemant Lata & Gunjan Nasa. 2014. Academic Self-Efficacy: A Reliable Predictor of Educational Performance.Britis Journal of Education,Vol. 2, No. 3, pp. 57-64.

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.