Analisis Tingkat Motivasi Belajar Siswa di MI Ma’arif Grabag Magelang Jawa Tengah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Taufik Agung Pranowo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa di MI Ma’arif Grabag Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian gabungan dari kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru MI Ma’arif Grabag dan siswa di MI Ma’arif Grabag Magelang dengan mengambil sampel sebanyak 100 siswa yang diambil secara acak dari kelas rendah ke kelas tinggi. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan hasil dari observasi bahwa tingkat motivasi belajar pada taraf kewajaran hal ini dilihat dari tingkat absensi dan nilai raport siswa, sedangkan hasil wawancara dengan guru MI bahwa tingkat motivasi belajar di MI Ma’arif Grabag masih tergolong masih belum tinggi. Hasil yang didapatkan dari sebaran skala motivasi belajar untuk siswa bahwa tingkat motivasi belajar siswa MI Ma’arif Grabag berada pada tingkat sedang dengan presentase nilai sebesar 74%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu tingkat motivasi belajar di MI Ma’arif Grabag tahun akademik 2018/2019 dalam kategori sedang. Tingkat motivasi belajar yang sedang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, maka perlu peningkatan motivasi belajar siswa pada kategori tinggi.


 


This study aims to determine the level of student motivation in MI Ma'arif Grabag 2018/2019 academic year. This type of research is a combination of qualitative and quantitative research. The subjects of this study were MI Ma'arif Grabag teachers and students at MI Ma'arif Grabag Magelang by taking a sample of 100 students taken randomly from low to high class. The results of this study are based on the results of observations that the level of learning motivation at the level of reasonableness is seen from the level of student attendance and report cards, while the results of interviews with MI teachers that the level of learning motivation at MI Ma'arif Grabag is still relatively not high. The results obtained from the distribution of learning motivation scale for students that the level of learning motivation of MI Ma'arif Grabag students is at a moderate level with a percentage value of 74%. The conclusion in this study is the level of learning motivation in MI Ma'arif Grabag in the 2018/2019 academic year in the medium category. The level of learning motivation that can affect student learning outcomes, it is necessary to increase student learning motivation in the high category.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pranowo, T. (2019). Analisis Tingkat Motivasi Belajar Siswa di MI Ma’arif Grabag Magelang Jawa Tengah. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(2), 74-80. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i2.31166

References

Amalia, R. U. (2017). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3), 53-59.

Beaulieu, D. (2008). Teknik-teknik yang berpengaruh di Ruang Kelas. Jakarta: PT Indeks..

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Kelima)(Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga..

Dimyati, M. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursamiaji, A., & Kurniawan, K. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 2013 Unnes. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(3).

Santrock, J. W. (2011). Psikologi pendidikan edisi ke 2 (terjemahan Tri Wibowo). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Rajagrafindo persada (rajawali pers)..

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam pendidikan: Teori, penelitian, dan aplikasi. Jakarta: PT. Indeks.

Simorangkir, N. R., Menanti, A., & Aziz, A. (2017). Kontribusi Komunikasi Persuasif Guru Terhadap Kepercayaan Diri Dan Motivasi Belajar. Analitika, 6(2), 68-76.

Sternberg, R. J. (2008). Psikologi kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, S. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Pustaka Bani. Quraisy, Bandung.

Syah, M. (2001). Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wancana Ilmu.

Syaiful, B. D. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H,B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Zulfa, M. Y., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan antara Locus of Control dan Persepsi Siswa tentang Pendidikan dengan Motivasi Belajar serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(1), 1-11.