Peningkatan Keaktifan Kepramukaan Terhadap Kegiatan Kepramukaan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Miftakhus Syahidurrachman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam peningkatan keaktifan siswa terhadap kegiatan kepramukaan menggunkan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Demak. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling yaitu 10 orang siswa yang memiliki keaktifan diri rendah, sedang dan tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji wilcoxon diperoleh Thitung = 55> Ttabel = 8. Disimpulkan bahwa keaktifan siswa  terhadap kegiatan kepramukaan dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok.


This study aims to determine the effort and success in increasing the involvement in scouting activities using group counseling services with group discussion technique in class VII F SMP Negeri 1 Demak. The research sample using purposive sampling are 10 students who have low, medium and high level of self activity. The collection methods using psychological scales and observation. The analysis technique used is obtained using the Wilcoxon test wich obtained Thitung = 55> Ttabel = 8. It was concluded that the involvement  with of  student to join scouting ativities can be improved through group counseling services group discussion techniques.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Syahidurrachman, M. (2013). Peningkatan Keaktifan Kepramukaan Terhadap Kegiatan Kepramukaan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i2.3182

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu & Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suryobroto.2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta Luxori, Y. 2001. Percaya Diri. Jakarta : Khalifa.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: GHALIA INDONESIA