Survey Faktor-Faktor Penyebab Ketidakdisiplinan Terhadap Tata Tertib Sekolah di SMP Negeri

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Della Prisgiasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab ketidakdisiplinan terhadap tata tertib sekolah di SMP Negeri Se Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survai. Teknik sampling yang digunakan pada populasi sekolah adalah cluster random sampling dan populasi siswa random sampling. Populasinya adalah 16.936 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 150 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab ketidakdisiplinan terhadap tata tertib sekolah sebanyak 68,40%. Faktor internal penyebab ketidakdisiplinan terhadap tata tertib sekolah sebanyak 68,25%. Faktor eksternal penyebab ketidakdisiplinan terhadap tata tertib sekolah sebanyak 68,45%. Simpulan dari penelitian ini yaitu faktor internal yang menjadi penyebab ketidakdisiplinan siswa terhadap tata tertib sekolah  di SMP negeri Se Kabupaten Pekalongan antara lain melaksanakan tata tertib sekolah. Faktor eksternal yang menjadi penyebab ketidakdisiplinan terhadap tata tertib sekolah  di SMP Negeri Se Kabupaten Pekalongan antara lain sikap pendidik.


The purpose of this study are the underlying factors of the order of indiscipline in schools at SMP all over Pekalongan. This research is survey. The sampling technique used was random sampling for the student population. For the school population using random cluster sampling. The population was 16,936 students with as many as 150 students sample. Data collection using questionnaires. The method of data analysis using descriptive percentages. The results of this study indicate that factors causing indiscipline on school discipline as much as 68.40%. Internal factors causes of indiscipline against school discipline as much as 68.25%. External factors cause indiscipline on school discipline as much as 68.45%. The conclusions of this study are the internal factors that cause students to be indiscipline in junior high school in Pekalongan include implementing school discipline. External factors that cause indiscipline on school discipline in the Junior High School in Pekalongan stateamong other educators attitude.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Prisgiasari, D. (2013). Survey Faktor-Faktor Penyebab Ketidakdisiplinan Terhadap Tata Tertib Sekolah di SMP Negeri. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v2i2.3187

References

Colvin, Geoff. 2008. 7 Langkah untuk Menyusun Rencana Disiplin Kelas Proaktif. Jakarta: PT Indeks

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Khalsa, Siri Nam S. 2008. Pengajaran Disiplin dan Harga Diri. Jakarta: Indeks.

Muijs, Daniel dan Reynolds, David. 2010. School effectiveness research has long pointed to the importance of school-wide behavior policies in creating the academically oriented, high-achieving. London: Paul Chapman Publishing.

Muslimah. 2009.Upaya Peningkatan Disiplin dan Semangat Belajar Melalui Layanan Konseling Kelompok dalam Konseling Siswa Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2009/2010, Jurnal Didaktika, Tahun I Nomor 3, September 2009.

Triana, I Ketut. 2009. Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Sanksi Berjenjang Pada Siswa Kelas III SD N 01 Sanur Tahun Pelajaran 2009/2010. Denpasar: Tidak diterbitkan.