Menurunkan Perilaku Pelaku Perundungan Verbal Melalui Teknik Role Play Pada Siswa SMP Kristen 02 Salatiga

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Farisa Dina Fitrian
Lobby Loekmono
Setyorini Setyorini

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui signifikansi penurunan perilaku pelaku perundungan verbal pada siswa kelas VIII di SMP Kristen 2 Salatiga melalui teknik role play dalam konseling kelompok behavioral. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan menggunakan model pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 10 orang siswa menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala perilaku pelaku perundungan verbal. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji beda dua mean (t test). Hasil penelitian terbukti bahwa layanan role play dalam konseling kelompok behavioral secara signifikan menurunkan perilaku pelaku perundungan verbal siswa.


 


The purpose of this study was to determine the significance of decreasing behavior of verbal abuse perpetrators in grade VIII students at Christian Middle School 2 Salatiga through role play techniques in behavioral group counseling. This type of research is a quasi experimental study using a pretest-posttest control group design model. The subjects of this study were 10 students who became the research subjects. Data collection techniques use the scale of verbal abuse perpetrators. The data analysis technique used descriptive analysis and two mean test differences (t test). The results of the study prove that role play services in behavioral group counseling significantly reduce the behavior of students of verbal abuse.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fitrian, F., Loekmono, L., & Setyorini, S. (2019). Menurunkan Perilaku Pelaku Perundungan Verbal Melalui Teknik Role Play Pada Siswa SMP Kristen 02 Salatiga. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(2), 91-95. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i2.33561

References

Bradley, T. Erford. (2016). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

James, Alana. (2010). School Bullying. (Online). Tersedia : https://www.researchgate.net/publication/264166903_School_bullying?enrichId=rgreq-6c849704fb39499e20d12c78edd62b22-XXX&enrichSource=Y292ZXJQYWdlOzI2NDE2NjkwMztBUzoxMjI0Mjk3NTgyNTEwMDhAMTQwNjIwMDkzODMzMQ%3D%3D&el=1_x_3&_esc=publicationCoverPdf. Diakses 21 Februari 2018.

Maya Puspa, Rini. (2016). Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Psikologi Konseling Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung. Vol.3 (No.2) diakses melalui http://id.portalgaruda.org/index.php?page=6&ipp=10&ref=browse&mod=viewjournal&journal=5886

Olweus, D. (1993). Bullying at School: What We Know and What We Can Do. UK : Blackwell Publishing.

Olweus, D. (2003). Bullying at School. USA: Blackwell Publishing.

Viva.co.id 23 Juli 2017. Kasus Bullying Anak Meningkat pada 2017. https://www.viva.co.id/berita/nasional/938446-kasus-bullying-anak-meningkat-pada-2017 (diakses pada Selasa, 20 Feb 2018, pukul 12.00 WIB).

Winkel, W. S dan Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi.

Wulandari, Retno. (2016). Penggunaan Teknik Role Playing Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII di SMPNegeri 1 Kalasan Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi : Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yayasan Sejiwa. (2008). Bullying : Panduan bagi Orang Tua dan Guru mengatasi kekerasan di Sekolah dan Lingkungan.Jakarta:Grasindo