Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Permainan Kerjasama Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak di Panti Asuhan Amanah Ambarawa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Debbie Nuzia Putri
Sugiyo Sugiyo

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial perlu berhubungan dengan individu lain dan lingkungannya. Hal tersebut menjadi dasar pentingnya interaksi sosial dalam kehidupan. Permasalahan interaksi sosial menjadi salah satu isu yang cukup memerlukan perhatian. Minimnya interaksi sosial banyak dialami oleh remaja tidak terkecuali remaja yang tinggal di panti asuhan. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektivitasan konseling kelompok teknik permainan kerjasama dalam meningkatkan interaksi sosial anak di panti asuhan Amanah Ambarawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian true experimental, posttest only control design dengan jumlah sampel sebanyak 10 anak dibagi 2 kelompok, kelompok eksperimen dan kontrol dengan teknik random sampling. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan skala psikologis. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik permainan kerjasama dapat meningkatkan interaksi sosial anak di panti asuhan Amanah Ambarawa. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan skor posttest bila dibandingkan skor pretest. Tingkat interaksi sosial kelompok eksperimen berada pada kategori sedang setelah konseling kelompok teknik permainan kerjasama terjadi peningkatan menjadi kategori tinggi dan sangat tinggi. Hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05 yang apabila disimpulkan maka layanan konseling kelompok  teknik permainan kerjasama efektif untuk meningkatkan interaksi sosial.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, D., & Sugiyo, S. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Permainan Kerjasama Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak di Panti Asuhan Amanah Ambarawa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10(1), 92-100. https://doi.org/10.15294/ijgc.v10i1.36834