Bimbingan Kelompok dengan Permainan Egrang Batok Kelapa Meningkatkan Karakter Kerja Keras Generasi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan permainan egrang batok kelapa mampu meningkatkan karakter kerja keras siswa kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin yang lahir pada zaman generasi Z. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket karakter kerja keras dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang, 4 orang sebagai kelompok treatment dan 4 orang sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji Mann-Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan karakter jerja keras sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok dengan Asymp. Sig (2-tailed)/ Significance (0,021 < 0,05). Ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan permainan egrang batok kelapa efektif dalam meningkatkan karakter kerja keras generasi Z.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Campbell, D. T. & Stanley, J. C. 1963. Experimental and Quasi-Experimental Designs forResearch. Boston: Houghton Mifflin Company.
Citra, Y. 2012. Pelaksanaan PendidikanKarakter Dalam Pembelajaran, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, (1)1, 237– 249.
Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Erlina, Sayekti, E. Rimayat. 2020. “Peningkatan KemampuanKomunikasi VerbalMelalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik SosiodramadiSMK Negeri 1 Demak.” Emphaty Cons 2.
Handayani, Nita Warih & Sumaryati. 2014. Upaya Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Kerja Keras Anak Usia Remaja di Dusun Tegalyoso Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta. Jurnal Citizenship. Vol. 4, No. 1.
khwanuddin 2012. Implementasi pendidikankarakter kerja keras dan kerja sama dalam perkuliahan, Jurnal Pendidikan Karakter (2)2, 153–163.
Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan karakter. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Oktava A, Et-all. 2020. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Batealit.” Emphaty Cons 2.
PENDIPA Journal of Science Education, 2021: 5(2), 188-194 ISSN 2086-9363 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa 194
Purwanti, E. 2016. Implementasi penggunaan ssp (subject specific pedagogy) tematik integratif untuk menanamkan tanggung jawab, kerja keras, dan kejujuran, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3 (2), 1-23.
Rasimin. & Hamdi, Muhammad. 2018. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta : Bumi Aksara.
Rubiningsih, Elisabet. 2016. Efektivitas Implementasi Pendidikan Karakter Kerja Keras Berbasis Layanan Bimbingan Klasikal Kolaboratif Dengan Pendekatan Experiential Learning. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Rusmana. 2009. Bimbingan dan Konseling kelompok di Sekolah. Bandung: Rizqi press
Saleh. M.(2014), Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus dan aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik, Jurnal Phenomenon, 4(2), 109-141.
Siahaan, Hasnah, Ibrahim Gultom, dan Masganti Sitorus. 2019. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Egrang Batok Kelapa Di RA-AL Hidayah Medan. Jurnal Tematik. Vol. 9, No 1: 8-18. Dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4234
Sugianto, Akhmad. 2017. Teknik Permainan Balogo dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras pada Siswa SMP. In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling. Vol. 1, pp. 20-28. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1446
Sukardi, Dewa Ketut&Desak P.E, Nila Kusmawati. (2010). Proses bimbingan dan Konseling di sekolah). Jakarta:Rineka Cipta
Sulistiyana & Sugianto, Akhmad. 2019. Teknik Permainan Ular Tangga Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras Pada Siswa SMP. Jurnal Konseling Gusjigang. Vol. 5, No.1 Dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/2563
Utomo & Ismaill, Murniyanti. 2019. Permainan tradisional Media Stimulasi & Intervensi AUDBK (Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus). Kal-sel, Banjarbaru : Prodi. PJ JPOK FKIP ULM Press.
Yaumi, Muhammad. 2018. Pendidikan Karakter. Jakarta : Prenada Media Group.
Zubaedi. 2011. Desain pendidikan karakter : konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta : Kencana