Perilaku Altruisme Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku altruisme mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Anggota populasi adalah seluruh mahasiswa semester II dan IV Tahun Akademik 2019/2020 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo yang berjumlah 112 orang, dan yang dijadikan anggota sampel sebanyak 54% atau 60 mahasiswa. Penetapan anggota sampel menggunakan teknik srata random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku altruisme mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo memperoleh rata-rata persentase 70,56% (kategori sedang). Kategori ini merupakan akumulasi dari 5 indikator, yaitu: (1) “kerjasama” sebesar 63,7% (kategori sedang), (2) “berbagi” sebesar 78,6% (kategori tinggi), (3) “menolong” sebesar 76,1% (kategori tinggi), (4) “berderma” sebesar 69,7% (kategori sedang), (5), dan “kejujuran” sebesar 64,7% (kategori sedang).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Aggitasari, D., W.& Awalya. 2016. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Perilaku Prososial Mahasiswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. Vo.5, No.4.
Asih., dan Pratiwi. 2010. Perilaku Prososial Ditinjau Dari Empati dan Kematanga Emosi. Jurnal Psikologi. Vol.1 No 1.
Edi. 2019. Studi Literatur: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Berbagi Pengetahuan. Jurnal ilmiah. Vol. 3, No.1.
Helmiyyah, S., Erlyani, N. & Mayangsari, M.D. 2019. Hubungan Rasa Syukur dengan Altruisme pada Masyarakat yang Tinggal di Wilayah Tambang Batubara Asam-Asam. Jurnal Kognisia. Vol. 2 No. 2
Hidayanti, F. 2016. Konsep Altruisme dalam Perspektif Ajaran Agama Islam (Itsar). Jurnal PsikoislamikaI Vol 13. No. 1
Hadori, M. 2014. Perilaku Prososial (Prosocial Behavior); Telaah Konseptual Tentang Altruisme (Altruism dalam Perspektif Psikologi). Jurnal Lisan Al-Hal.Vol.8 No. 1
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2009). Marketing Manajemen. Edition. Boston: Pearson.
Laila, K., N. & Asmarany, A. I. 2015. Altruisme pada Relawan Perempuan yang Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Anak Jalanan Bina Insan Mandiri. Jurnal Psikologi Vol. 8 No. 1
Mulyana, E. H., dan Rahman, T.& Qonita. 2019. Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya Yasbiati. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 8 No 2.
Nashori, F. 2008. Psikologi Sosial Islami. Jakarta: PT. Rafika Aditama.
Morgan, R. M dan Hunt, S.D. 1994. The Commitment Trust Theory Of Relationship Marketing. Jurna lof Marketing, Vol. 58 No. 3
Pratama, P. Y. Y., & Wulanyani, N. M. S. 2018. Pengaruh Kuantitas, Kemampuan Komunikasi Interpersonal, dan Perilaku Altruisme Anggota Kelompok terhadap Social Loafing dalam Proses Diskusi Kelompok di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana. Vol.5 No.1.
Robert, A. B., dan Byrne., D., 2004. Psikologi Sosial Jilid 1.Jakarta:PT Gelora Aksara Pratama.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Yusuf, S. dan Nurihsan, A. J. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosdakarya
Yandri, H. Fikri. & Juliawati, D. 2019. Penerapan Perilaku Altruistik dalam Layanan Konseling Individu oleh GuruBimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 15, No. 01