Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Online

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nindya Ayu Pristanti
Mirza Irawan
Miswanto Miswanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh regulasi emosi terhadap kejenuhan belajar mahasiswa pada pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survei. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 4 program studi bimbingan dan konseling dengan jumlah 149 mahasiswa dengan Sampel 108 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling berdasarkan rumus slovin. Instrumen yang diberikan adalah angket regulasi emosi dan angket kejenuhan belajar. Kemudian, Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana.  Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi  (0,01<0,05) serta nilai thitung 3,278 > ttabel 1,659. sehingga, Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Regulasi Emosi terhadap Kejenuhan Belajar mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pristanti, N., Irawan, M., & Miswanto, M. (2022). Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Online. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(Special Ed), 93-104. https://doi.org/10.15294/ijgc.v11i2.60838

References

Ayuningtiyas, C. (2020). Regulasi Emosi Siswa Dalam pembelajaran Daring. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 107-113.

Balter, L. & Tamis-LeMonda, Catherine. S. (2003). Child psychology: a handbook of contemporary issues. New York: Psychology Press.

Cole, P.M., Martin, S.E., & Dennis, T.A. (2004). Emotion regulation as a scientific construct methodological challenges and directions for child development research. Child development. March/April. 75 (2), 317-333.

Cole, P. M. (2014). Moving ahead in the study of the development of emotion regulation. International Journal of Behavioral Development, 38(2), 203-207.

Laila, I., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2020). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Autonomy melalui Lesson Study. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87-91.

Faridh, Ridhayati. (2008). Hubungan antara regulasi emosi dengan kecenderungan kenakalan remaja. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. [Online]. Diambil dari: http://psychology.uii.ac.id/stories/jadwal_kuliah/naskah-publikasi-04320316.pdf.

Goetz, T., & Hall, N. C. (2014). Academic boredom. In International handbook of emotions in education (pp. 321-340). Routledge.

Goleman, Daniel. (2007). Emotional Intelligence. Terjemahan Hermaya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kring, Ann M. & Sloan, Denise M. (2010). Emotion regulation and psychopathology: a transdiagnostic approach to etiology and treatment. New York: The Guilford Press.

Muna, N. R. (2016). Efektifitas teknik self regulation learning dalam mereduksi tingkat kejenuhan belajar siswa di sma insan cendekia sekar kemuning cirebon. Holistik, 14(2).

Pekrun, R., Goetz, T., Frenzel, A. C., Barchfeld, P., & Perry, R. P. (2011). Measuring emotions in students’ learning and performance: The Achievement Emotions Questionnaire (AEQ). Contemporary Educational Psychology, 36(1), 36–48. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2010.10.002

Pristanti, N. A., Syafitri, R. A., & Reba, Y. A. (2022). Kejenuhan Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Self Efficacy dan Regulasi Emosi. Psychocentrum Review, 4(1), 107-117.

Silaen, A. C., & Dewi, K. S. (2015). Hubungan antara regulasi emosi dengan asertivitas (Studi korelasi pada siswa di SMA Negeri 9 Semarang). Jurnal Empati, 4(2), 175-181.

Strongman, K.T. (2003). The Psychology of Emotion, New Zealand: Department of psychology University of Canterbury Christchurch

Sutarjo, E., D. Arum WMP & Ni.Kt. Suarni. 2014. Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Senam Otak untuk Menurunkan Burnout Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014.

Suwarjo & Diana Septi Purnama. 2014. Model Bimbingan Pengembangan Kompetensi Pribadi Sosial Bagi Siswa SMA yang Mengalami Kejenuhan Belajar (Burnout). Universitas Negeri Yogyakarta.

Tam, K. Y., Van Tilburg, W. A., & Chan, C. S. (2021). What is boredom proneness? A comparison of three characterizations. Journal of Personality.

Tempelaar,Dirk dan Alexandra Corina Niculescu. 2021.Types of boredom and other learning activity emotions: A person-centred investigation of inter-individual data. Journal of Motivation and Emotion.1-16.

Van Tilburg, W. A. P., & Igou, E. R. (2017). Boredom begs to differ: Differentiation from other negative emotions. Emotion, 17(2), 309–322. https://doi.org/10.1037/emo0000233

Westgate, E. C., & Wilson, T. D. (2018). Boring thoughts and bored minds: The MAC model of boredom and cognitive engagement. Psychological Review, 125(5), 689–713. https://doi.org/10.1037/rev0000097