Layanan Konseling Kelompok Berbasis IT pada Peserta Didik SD untuk Menurunkan Tingkat Penggunaan Gadget Freak di Era Study Frome Home
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari Layanan Konseling Kelompok Berbasis IT pada Peserta Didik SD untuk menurunkan tingkat Penggunaan Gadget Freak Di Era Study From Home. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh terdapat 15 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kategori,11 peserta didik kategori sedang dengan presentase 73,33% dalam penggunaan gadget dan 4 peserta didik kategori tinggi dengan presentase 26,6%. Jadi dengan melihat hasil data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pemberian layanan konseling kelompok berbasis IT semakin rendah kasus gadget freak pada peserta didik
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Lin, Y. H., Chang, L. R., Lee, Y H., Tseng, H. T., Kuo, T. B. J., & Chen, S. H. (2014). Development and Validation of the Smartphone addiction Inventory (SPAI). Plos One Journal, Volume 9, Issue 6, e98312
Lee, J., Sung, M. J., Song, S. H., Lee, Y. M., Lee, J. J., Cho, S. M., & Shin, Y. M. (2018). Psychological factors associated with smartphone addiction in south korean adolescents. The Journal of Early Adolescence, 38, 288-302.
Karuniawan, A., & Cahayanti, I. K. (2013). Hubungan antara Academic Stress dengan Smartphone addiction pada Mahasiswa Pengguna Smartphone. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, Volume 2, No. 1, ISSN 2301- 7082
Kwon, M., Kim, D. J., Cho, H., & Yang, S. (2013). The Smartphone addiction Scale: Development and Validation of a Short Version for Adolescents. Plus One Journal, Volume 8, Issue 12, e83558
Sarwono.S.W. 2013. Psikologi Remaja.Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo