Perkembangan Kognitif Spoiled-Teen dan Pengaruhnya Terhadap Tatanan Masyarakat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Azida Zaini
Annisaa nisa Fithrah
Ditya Ananda
Muhammad Putra Dinata Saragih
Dika Sahputra
Annisa Arrumaisyah Daulay

Abstract

Perkembangan kognitif setiap anak berubah-ubah berdasarkan lingkungan mereka, termasuk golongan spoiled-teen atau remaja manja. Remaja yang mempunyai perilaku manja rentan terhadap penyerapan diri yang berlebihan, depresi, tidak mampu mengontrol diri, kecemasan, egois, mementingkan diri dan keras kepala sehingga memberi pengaruh terhadap tatanan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif remaja SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan dan pengaruh sikap manja yang berlebihan pada remaja terhadap tatanan masyarakat. Penelitian ini menggunakan data-data kualitatif kemudian disajikan dalam bentuk kuantitatif dengan melibatkan 90 orang siswa yang diposisikan sebagai subjek penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan menganalisis data responden yang diperoleh dari hasil pengisian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan memiliki tingkat kemandirian kognitifnya yang baik dengan persentase 75%-100% yaitu masuk dalam kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah perlakuan manja remaja di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan standar, sedangkan tingkat kemandirian kognitifnya juga adalah baik. Rekomendasi saran adalah orang tua siswa perlu memberi didikan yang benar kepada anak mereka agar mampu menjadi manusia yang bertanggungjawab serta melahirkan generasi masyarakat yang bermoral tinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zaini, A., Fithrah, A., Ananda, D., Saragih, M., Sahputra, D., & Daulay, A. (2023). Perkembangan Kognitif Spoiled-Teen dan Pengaruhnya Terhadap Tatanan Masyarakat. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 12(1), 70-78. https://doi.org/10.15294/ijgc.v12i1.63193

References

Adminpanjatan. (2022). Konflik Sosial Dapat Memicu Tindakan Kriminal. Retrieved November 29, 2022, from https://panjatan.kulonprogokab.go.id/detil/406/konflik-sosial-dapat-memicu-tindakan-kriminal

Agustina, E. F., & Mailasari, D. U. (2018). Spoiled Children: Problem Dan Solusi. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 332. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3479

Dariyono, A. (2014). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda.pdf. Jakarta: PT. Gramedia.

Dickey, D. (2020). 11 Ways You Are Spoiling Your Teens (and Don’t Even Realize It). Retrieved November 29, 2022, from https://www.purewow.com/family/spoiling-your-teens

Gordeeva, T. O. (2020). Cognitive and Educational Effectsof the Elkonin—Davydov System of DevelopmentalEducation: Opportunities and Limitations. Cultural-Historical Psychology, 16(4), 14–25. https://doi.org/10.17759/chp.2020160402

Ibu, Y. S. (2021). Dampak Negatif Terlalu Memanjakan Anak & Cara Mengatasinya. Retrieved November 29, 2022, from https://yayasansayapibu.or.id/artikel/dampak-negatif-terlalu-memanjakan-anak-cara-mengatasinya/

Ranjitkar, S., Hysing, M., Kvestad, I., Shrestha, M., Ulak, M., Shilpakar, J. S., … Strand, T. A. (2019). Determinants of Cognitive Development in the Early Life of Children in Bhaktapur, Nepal. Frontiers in Psychology, 10(December), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02739

Reber, M. (1986). Development during Middle Childhood: The Years from Six to Twelve. Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics (Vol. 7). https://doi.org/10.1097/00004703-198604000-00017

Sary, Y. N. E. (2017). Perkembangan Kognitif Dan Emosi Psikologi Masa Remaja Awal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 6–12.

Stefani Virlia, S.Psi., M.Psi., P. (2021). Sikap Egois. Retrieved November 29, 2022, from https://www.uc.ac.id/psy/egois-baik-atau-buruk/

Suhanda, I. (2017). Egoisme. Retrieved November 29, 2022, from https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/16/190100920/egoisme?page=all

Ujang Khiyarusoleh, M. P. (2016). Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 5(1), 1–10.

Zaki, M., & Hasunah, F. (2018). Hubungan antara Perlakuan Manja Orang Tua dengan Tingkat Kemandirian Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 276–293.