Kepuasan Siswa Tentang Kualitas Layanan Konselor Lulusan BK UNNES dalam Format Klasikal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sari Prasetyaati
Eko Nusantoro

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi di SMA Negeri di Kabupaten Semarang yang menunjukan adanya kepuasan dan ketidakpuasan siswa dalam mengikuti layanan Bimbingan dan Konseling terutama layanan format klasikal. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui tingkat kepuasan siswa tentang kualitas layanan konselor dalam format klasikal. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Penelitian ini dilakukan dengan sampel sebesar 297 siswa dari pupulasi sebesar 1233 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kepuasan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa tentang kualitas layanan konselor lulusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang dalam format klasikal memiliki persentase rata-rata sebesar 72,66 % dalam kriteria puas. Rincian kepuasan tersebut pada 5 indikator yaitu pada keandalan pelayanan sebesar 72,07%, daya tanggap pelayanan sebesar 74,92%, jaminan pelayanan sebesar 71,85%, empati pelayanan sebesar 69,58%, dan bukti fisik pelayanan sebesar 74,90%. Hal tersebut menunjukkan bahwa harapan siswa akan kualitas layanan konselor dalam format klasikal telah terpenuhi.


This research is conducted based on some phenomenon happened in the Senior High School in Semarang regency that shows the satisfaction and unsatisfaction of the student in joining Guidance and Counseling service, especially in classical format service. The purpose of this study is to find out the degree of student satisfaction about the service quality of counselor in classical format. This is a survey research. This research is conducted with the sample of 297 students from the population of 1233 students. Reseacher use collecting data as a method with satisfaction scale. The data analysis technique is using data quantitative descriptive precentage. The result shows that the degree of student satisfaction about the service quality of the counselor of Guidance and Counseling graduate from Semarang State University in the form of classical format has 72,66% in average. The details of the satisfaction on five indicators, there are (1) 72,07% on reliability of service, (2) 72,92% on responsiveness of service, (3) 71,85% on assurance of service, (4) 69,58% on emphaty of service, and 74,90% on tangible of service. It shows that the student’s prospect of counselor service quality in the form of classical format is already completed.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Prasetyaati, S., & Nusantoro, E. (2015). Kepuasan Siswa Tentang Kualitas Layanan Konselor Lulusan BK UNNES dalam Format Klasikal. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i4.8827

References

Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa, Pendekatnn Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Ed. 12 Jilid 1. PT Indeks.

Permendikbud nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Konselor

Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, Fandy. 2005. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.

-----------, Fandy. 2012. Service Management. Yogyakarta: Andi.
Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.