Alifah, S. (2021). Peningkatan kualitas pendididkan di Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 113-123
Anggraeni, R. (2014). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas guru SD Negeri Widoro Lempuyangan Yogyakarta. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Dariyanto, D., Suharjuddin, S., Awiria, A.W. (2021). Pelatihan pengembangan kompetensi pedagogik guru melalui penelitian tindakan kelas di SDN Teluk Pucung I Kota Bekasi. Jurnal IPMAS, 1(2), 59-66
Daudm M.H., & Kaleka, M. (2019). Analisis kesulitas bagi guru IPA untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 36-42.
Faujiah, S., Afriza, A., & Andriani, T. (2022). Guru profesional sebagai faktor penentu pendidikan bermutu. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(4), 886-895. https://doi.org/10.38035/jim.v1i4
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14-25. http://dx.doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S.H. (2019). PKM Pelatihan Tindakan Kelas (PTK) berbasis Student Centered Learning (SCL) bagi guru SMP di Kecamatan Medan Deli. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58-72. https://doi.org/10.30596/jp.v4i1.6166
Halidjah, S., Salimi, A., Kartono, Pranata, R., Ghasya, D.A.V., Hartoyo, A., Kresnandi, H., & Suparjan. (2023). Pelatihan penyusunan artikel ilmiah hasil penelitian tindakan kelas bagi guru sekolah dasar. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 148-157. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4474
Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas: Teori dan aplikasinya. Bandung: UPI Press.
Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran RI Tahun 2003 Nomor 4301. Sekretariat Negara. Jakarta
Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Mahfud, M.N. (2019). Kesulitan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di SMK Negeri 6 Surakarta. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Mustakim, A.W. (2012). Panduan karya tulis guru. Yogyakarta: Galangpress Publisher
Ni’mah, Z.A. (2017). Urgensi penelitian tindakan kelas bagi peningkatan profesionalitas guru antara cita dan fakta. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 15(2), 1-22. https://doi.org/10.30762/realita.v15i2.480
Nurgiansah, T.H. (2021). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru pendidikan kewarganegaraan di sekolah menengah atas se-Kabupaten Bantul. Bernas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1). 28-33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566
Oktaviana, L.T., Hasanah, D., Sulandra, I.M., Susiswo, Lestari, T.E., & Nurhakiki, R., (2020). Pendampingan penulisan artikel ilmiah dari hasil penelitian bagi guru matematika SMK Kota Kediri. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2), 115-122. https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i2.3820
Pandiangan, A.P. (2019). Penelitian tindakan kelas: Sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran, profesionalisme guru dan kompetensi belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish
Pardede, O.B., & Ariga, H.P. (2018). Analisis faktor-faktor kendala penulisan karya tulis ilmiah dan dampaknya terhadap motivasi meneliti oleh guru di SMP se-Kecamatan Medan Selayang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed (Vol. 1, pp. 71-77). FBS Unimed Press
Rukiyah, Sumarni, S., Rahelly, Y., Syafdaningsih, Hasmalena, Mahyumi, & Taruni. (2023). Pelatihan dan Pembinaan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru TK Kartika II.I Palembang. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 86-90. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i1.4823
Situmorang, R.P. (2015). Analisis kesulitan guru IPA SMP Kota Salatiga dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains UKSW (205-2011). UKSW Press
Somatanaya. A.A.Gde., Herawati, L. & Wahyuningsih, S. (2017). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi peningkatan karier guru-guru sekolah dasar Kota Tasikmalaya. Jurnal Siliwangi, 3(1), 169-175
Sum, T.A. (2019). Kompetensi guru PAUD dalam pembelajaran di PAUD di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 68-75
- Abstract viewed - 102 times
- PDF downloaded - 294 times
Affiliations
Prasetyo Listiaji
Universitas Negeri Semarang
Novi Ratna Dewi
Universitas Negeri Semarang
Erna Noor Savitri
Universitas Negeri Semarang
Rizki Nor Amelia
Universitas Negeri Semarang
Upaya Meningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru melalui Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya di SMP Negeri 2 Tengaran, Semarang
Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Dharma Indonesia
Submitted: Aug 1, 2023
Published: Oct 10, 2023
Abstract
This service activity was carried out in an effort to improve the professional competence of teachers at SMP N 2 Tengaran through training and assistance in Classroom Action Research (CAR) and its publication. A total of 40 teachers participated in this activity which was packaged in In Service Training (IST) and On Service Training (OST) for 32 Lesson Hours with three main stages namely preparation, implementation, and evaluation. Overall, efforts to improve the professionalism and competence of SMP N 2 Tengaran Semarang teachers through the implementation of community service went well. This is supported by the results of the evaluation questionnaire analysis, which concluded that the participants were very satisfied with the service activities carried out. In addition, the percentage of teacher completeness in preparing PTK proposals and preparing CAR articles is also in the good category.