Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru di kelas IV SD Negeri 1 Maribaya Karanganyar Purbalingga pada pembelajaran matematika materi Sifat-sifat Bangun Ruang melalui pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang melalui empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 71,26 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,33%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 68,02% dengan kriteria tinggi, dan nilai performansi guru 80,61 (AB). Pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar siswa 84,33 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,66%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 84,17% dengan kriteria sangat tinggi, dan nilai performansi guru 90,23 (A). Hasil tersebut menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pendekatan PMR terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru.

This study aims to improve the activity and student learning outcomes and teacher performance in the fourth grade school 1 Maribaya Karanganyar Purbalingga on mathematics learning material properties Build Space of Realistic Mathematics Education (RME). This study is an action research conducted in two cycles. Each cycle consisted of two meetings through four stages of implementation: planning, action, observation, and reflection. The type of data used in the form of quantitative and qualitative data. Data collection techniques using tests and non-test. The results showed that in the first cycle the average value of the learning outcomes of students with mastery learning classical 71.26 73.33%, active students in the learning process with criteria 68.02% higher, and the value of teacher performance 80.61 (AB). In the second cycle, the average value of the learning outcomes of students with mastery learning classical 84.33 86.66%, active students in the learning process with the criteria of 84.17% is very high, and the value of teacher performance 90.23 (A). These results show an increase of cycle I to cycle II. Based on the results obtained, it can be concluded that RME approach is proven to increase the activity and student learning outcomes and teacher performance.