Abstract

Salah satu strategi pembelajaran yaitu strategi crossword puzzle. Strategi ini memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal, karena menyenangkan dan menyerupai bermain tebak kata melalui teka-teki silang. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi antara yang menerapkan strategi crossword puzzle dan yang konvensional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatimulya 02 Suradadi Tegal sebanyak 56 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, dengan 26 sampel dari kelas IV A dan 26 sampel dari IV B. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dan cronbach’s alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, metode independent samples t test untuk uji homogenitas dan uji t untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan rerata nilai tes awal pada kelas eksperimen 47,95 dan kelas kontrol 45,13, sedangkan untuk rerata nilai tes akhir pada kelas eksperimen 78,72 dan kelas kontrol 67,69. Untuk hasil uji t menunjukkan thitung > ttabel (2,374 > 2,007). Dengan demikian, dapat disimpulkan ada perbedaan secara signifikan hasil belajar IPS antara siswa kelas IV SD Negeri Jatimulya 02 Kabupaten Tegal. Dengan demikian, disarankan kepada guru supaya menerapkan strategi crossword Puzzle dalam melaksanakan pembelajaran

One instructional strategy is a strategy crossword puzzle. This strategy allows students to learn in an optimal, because it is fun and like playing charades through a crossword puzzle. The purpose of this study is to know whether there is difference in learning outcomes of students in the fourth grade social studies material between the technology development strategy and the conventional crossword puzzle. Population in this research that the fourth grade students of State Elementary School 02 Jatimulya Suradadi Tegal by 56 students, divided into two classes, with 26 samples of class IV A and 26 samples from IV B. Experimental design used in this study is a quasi experimental design with nonequivalent control group design. Statistical analysis used the product moment correlation to test the validity and Cronbach's alpha to test the reliability of the instrument. Lilliefors method to test the normality of data, methods of independent samples t test for homogeneity test and t-test to test the hypothesis. All calculations are processed using SPSS version 17. The results showed a mean value of initial tests on the experimental class 45,13 and the control class 47,95, whereas the mean value for the final test on the experimental class 78,72 and the control class 67,69. For the t test results showed t> t table (2.374> 2.007). Thus, it can be concluded that there are significant differences in learning outcomes between the IPS Elementary School fourth grade students Jatimulya 02 Tegal regency. Thus, it is suggested that teachers implement strategies crossword puzzle in carrying out the study.