Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan TAI dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara siswa kelas IV yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Globalisasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Tinggarjaya Banyumas tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 89 siswa. Sementara sampel penelitian sebanyak 56 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Analisis statistik yang digunakan yaitu korelasi product moment untuk uji validitas dancronbach’s alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode lilliefors untuk menguji normalitas data, metode independent sample t test untuk uji homogenitas dan uji t untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20.Hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 2,037 dan signifikansinya sebesar 0,047. Harga ttabel dengan dk = 55 dan α = 0,05 yaitu 2,004. Hal ini berarti thitung > ttabel (2,037 > 2,004) atau signifikannya 0,047 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa TAI berpengaruh efektif terhadap hasil belajar siswa dan ada perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Tinggarjaya pada materi Globalisasi antara yang memperoleh pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TAI dan yang menggunakan model konvensional.

The purpose of this research is to test the effectiveness of the TAI and to know whether there is any difference in the student’s learning outcomes between the 4th grade which cooperative learning model type TAI is applied and 4th grade which applied with conventional models in Globalisasi material. The population of this research is the 4th grade students of SD Negeri 2 Tinggarjaya Banyumas academic year 2012/2013, amount of 89 students. While the study sample as many as 56 students were taken using simple random sampling technique. The experiment design used in this research is quasi experimental design with form of nonequivalent control group design. Statistical analisis used is correlation of product moment in validity test and cronbach's alpha for instrument reliability test. Lilliefors metod to test the normality of the data, methods of independent sample t test for homogeneity test and t-test to hypothesis test. All calculations are processed using SPSS version 20 program.The result of t-tes showed that the value of tcount = 2,037 and the significant is 0,047. The value of ttabel with dk = 55 and α = 0, 05 is 2.004. This means that tcount > ttable (2,037 > 2,004) or significant is 0.047 < 0.05, so it can be concluded that TAI effective influence on student’s learning outcomes and difference on the student’s learning outcomes between the 4th grade students of SD Negeri 2 Tinggarjaya Banyumas which is applied with cooperative learning model type TAI and 4th grade which applied with conventional models in Globalisasi material.