Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh  yang signifikan dari penggunaan model STS terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam  pada  siswa  kelas  IV  SD  Negeri  Kaligangsa  Kulon  01  Brebes.  Populasi  dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa yang terbagi dalam dua kelas yakni 28 siswa dari kelas IV A (kelas eksperimen) dan 23 siswa dari kelas IV B (kelas kontrol). Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu proportionate stratified random sampling dengan menggunakan 26 siswa dari kelas IV A dan 22 siswa dari kelas IV B. Dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan  yakni  quasi  experimental  design dengan  jenis  nonequivalent  control  group design. Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 89,62 pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol sebesar 77,73. Hasil perhitungan data menggunakan rumus two independent samples test atau uji U pada SPSS versi 17. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa model STS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Pengaruh model STS terhadap hasil belajar dapat ditunjukkan pada nilai Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0,047 ≤ 0,05.

 

The purpose from this research is to know whether any significant effect of STS’s model usage to IPA learning outcomes of fourth grade students in Kaligangsa Kulon 01 Elementary Schoo, Brebes in Sumber Daya Alam materials. Population in the research are 51 students divided into two classes the 28 students from IV A (experimental class) and 23 students from IV B (control class).  The sampling in the research are proportionate stratified random sampling who used the 26 students from IV A and 22 students from IV B. The experiment design used in this research is quasi experimental design with type of nonequivalent control group design. Learning outcomes of students obtained 89,62 of average value in experimental class, while the control class obtained 77,73. Data of calculation result using formulas two independent samples test or U test  in SPSS version 17.   The calculation of result shows that the model of STS has significant influence for learning outcomes. The influence of  STS’s model to the study result is indicated by the value in Asymp. Sig. (2-tailed) 0,047 ≤ 0,05.