KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pendekatan SAVI dibandingkan pendekatan konvensional pada materi bermain alat musik melodis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pesayangan 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 50, terdiri dari 25 kelas IV A dan 25 kelas IV B. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Desain penelitian eksperimen ini adalah quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas belajar siswa kelas kontrol dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga sebesar 61,47%, dengan kriteria tinggi, sedangkan di kelas eksperimen sebesar 80,38%, dengan kriteria sangat tinggi. Data hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 73,61, sedangkan kelas eksperimen sebesar 79,22. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung = 2,384. Harga ttabel dengan dk = 48 dan α = 5% yaitu 2,000. Artinya, thitung > ttabel (2,384 > 2,000). Jadi, dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bermain alat musik melodis antara yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional.
Â
The purpose of this research is to determine the effectiveness of the SAVI approach compared to conventional approach in material of playing melodic music instrument. Population in this research that all students in 4th grade of Pesayangan 01 State Elementary School Tegal which amounts to 50 students consists of 25 students from IV A, and 25 students from IV B. Sampling technique using saturated sampling. Design of this research is a quasi experimental with form of nonequivalent control group. The results showed the percentage of the control class students learning activities from the first meeting until the third meeting shows 61.47%, with high category, while in the experimental class is 80.38%, with the very high category. Student learning outcomes data shows that the average posttest score in control class is 73.61, while in the experimental class is 79.22. t test results showed that tcount = 2.384. Value of ttable with df = 48 and α = 5% is 2.000. It means, tcount > t table (2.384> 2.000), so can be concluded that there are differences in the activity and student learning outcomes in material of playing melodic music instrument between the learning obtained by SAVI approach and the learning obtained with conventional approach.