Abstract

Penelitian yang berjudul Keefektifan Penggunaan Model Snowball Throwing terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Adiwerna 04 bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengamatan pada pertemuan I, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar sebesar 80,51 dan persentase aktivitas belajar sebesar 80,51%. Sementara pada pertemuan II, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar sebesar 85,22 dan persentase aktivitas belajar sebesar 85,22%. Skor dan persentase aktivitas belajar lebih besar dari indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75 dan 75%, sehingga dapat dinyatakan bahwa aktivitas belajar siswa yang mendapatkan model snowball throwing meningkat. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh taraf signifikansi yang berada di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,036, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing secara signifikan lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal.

The study, entitled The effectiveness of the use of models of Snowball Throwing the Learning Enhancement Natural Resources on Student Elementary School Fourth Grade Adiwerna 04 aims to improve the activity and student learning outcomes. Type of research is experimental research. Data retrieval technique using testing techniques, observation, and documentation. Based on observations at the meeting I, obtained an average score of the learning activities 80.51 and learning activities percentage of 80.51%. While at the meeting II, earned an average score of the learning activities 85.22 and learning activities percentage of 85.22%. Scores and the percentage of learning activities is greater than the specified indicators of success of 75 and 75%, so it can be stated that the learning activities of students who get the model snowball throwing up. Based on the results of hypothesis testing, the significance level obtained under 0.05 is equal to 0.036, so Ho is rejected and Ha accepted. Thus, it can be concluded that the model of learning snowball throwing is significantly more effective for improving the quality of science teaching fourth grade elementary school students Adiwerna 04 Tegal regency